Ximen Qing

jinpingmei_jin_ping_mei_ximen_qing_aldisurjanaJaman sekarang orang seperti Ini disebutnya apa ya?

 …..“Jadi aku akan menyebutkan sebuah nama kepadamu: ia adalah seorang hakim hartawan tuan Hsimen. Pasti kau sudah pernah mendengar tentang kekayaannya yang sangat berlimpah; Semua pegawai negri sedikit atau banyak punya hutang padanya.

Selain toko obat dan apotiknya yang besar, juga ia memiliki toko kain sutera yang penjualannya sangat baik; diluar provinsi sana kapal dagangnya berlayar, di Yang chou ia mempunyai perdagangan garam yang sangat besar, di Tung-ping-fu ia memiliki usaha perdagangan dupa dan lilin; jumlah direktur eksekutif dan administratornya sampai berlusin-lusin; Di perkebunannya orang bisa kesasar, di gudang berasnya banyak beras yang berlebihan sampai pada busuk.

Perdana Mentri Tsai King di ibukota timur adalah ayah angkatnya, kepala administrator Ti adalah sepupunya; para Gubernur dan Sensor adalah kawan baiknya, belum lagi mandarin rendah. Selain istri utamanya, wanita kelahiran Wu, putri seorang komandan daerah militer Wu dari kota Tsing ho hsiän, juga ia masih memiliki empat atau lima istri muda, dan beberapa gadis penari dan gadis penyanyi, dan bermacam-macam dayang, yang sekali-kali mendapat limpahan hasratnya.

Umurnya hampir tiga puluh lima tahun dan seorang jentelmen gagah dan ganteng. Tentang kekuatan bercintanya tidak dapat dibayangkan, dan juga kura-kuranya yang memang sudah besar itu diberi makan obat kuat india sehingga mempunyai kekuatan yang luar biasa.

Selain itu, ia adalah seorang yang menyenangkan dan berpendidikan serbabisa, Selain pandai bermain dadu, catur, sepak bola dan beberapa permainan lainnya, ia juga banyak membaca dan dengan tulisan seratus filsuf serta karya penyair kita ia sudah tidak asing lagi. Sebenarnyalah, dimanapun kau jumpa dia, pasti akan kesandung urat emas dan batu giok.“

Oleh: Aldi Surjana

Cuplikan dari novel Jin Ping Mei (The Plum in the Golden Vase)

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s