Yeh-Shen, kisah Cinderella dari Tiongkok

Yeh_Shen_kisah_Cinderella_dari_Tiongkok_aldisurjanaKebudayaan „barat“ tidak pernah lepas dari kebudayaan Tiongkok, begitupun sebaliknya, keduanya saling mempengaruhi satu sama lain dan dan mengambil sisi positipnya. Kita semua mengenal kisah legendaris CINDERELLA, tetapi tahukah anda, bahwa kisah Cinderella ini adalah kemungkinan besar pengaruh dari kisah Yeh Shen (叶限) yang berasal dari Tiongkok pada ribuan tahun yang lalu?

Di dunia barat, kisah Yeh-Shen (叶限) disebut sebagai „Kisah Cinderella dari Tiongkok“, karena mempunyai kemiripan yang cukup kental dengan kisah Cinderella versi Brothers Grimm dan Charles Perrault dengan judul „Aschenputtel“, yang ditulis ulang dari cerita rakyat yang telah beredar di Eropah ratusan tahun sebelumnya. Entahlah apa sebutan untuk „Cinderella“ di Tiongkok?

Dalam kisah Cinderella yang asli versi  Brothers Grimm, ujung tumit kaki saudari tiri Cinderella dikapak oleh ibunya agar bisa masuk kedalam sepatu kulit milik cinderella dengan moto: „Kalau kau nanti menjadi Ratu, kau tidak perlu lagi berjalan kaki“ dan setelah itu biji matanya dipatuk oleh burung merpati peliharaan cinderella. Belakangan dalam versi hollywood, kisah ini „diperlunak“ dan sepatu kulit diganti dengan sepatu kaca

      Di Indonesia kisah yang mirip Cinderella adalah „Bawang Merah Bawang Putih“. Ada yang mengatakan, bahwa kisah Bawang merah bawang putih adalah hasil adaptasi dari kisah Yeh Shen, yang dibawa oleh pedagang Tiongkok di zaman itu. Kenyataannya kisah Bawang merah bawang putih dari Indonesia adalah salah satu yang diakui dunia disamping „Cinderella“ Eropa, China dan Vietnam.

Oleh: Aldi Surjana

Tags: Yeh, Shen, kisah, Cinderella, dari, Tiongkok, Brothers, Grimm, indonesia, Bawang, Merah, Putih,

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s