Tujuh Perjalanan Cheng Ho

 

aldisurjana_Laksamana_Cheng_Ho_zheng_he_Columbus_kasim_Pangeran_Zhu_Di_yongle_yong_le_Yunnan_Tiongkok

Perjalanan pertama (1405-1407)
Armada pertama terdiri dari 62 kapal. Pada musim gugur tahun 1405 Armada berlayar dengan 27.800 awak kapal. Tujuan dari perjalanan pertama adalah Calicut di India untuk membeli lada, sutra dan porselen. India telah dieksplorasi melalui jalan darat oleh penjelajah Tiongkok Xuanzang pada abad ke-7. Armada itu berhenti di Vietnam, Jawa dan Malaka dan kemudian melaju ke barat melintasi Samudra Hindia ke Sri Lanka dan pantai tenggara India. Armada melewatkan musim dingin 1406/1407 di sana dengan perdagangan dan diplomasi. Dalam perjalanan kembali, mereka memerangi bajak laut yang menghambat perdagangan dengan India. Pemimpin bajak laut ditangkap dan dipenggal kepalanya di depan umum. Perjalanan kembali ke Nanjing dilakukan pada tahun 1407. Juga di kapal terdapat penerjemah Ma Huan, yang menemani Laksamana Cheng Ho pada tiga dari tujuh perjalanannya ke Samudera Barat dan melalui laporannya pengetahuan terbaiknya telah diwariskan

Perjalanan kedua (1407-1409)
Pelayaran kedua armada sekali lagi pergi ke India untuk mengamankan kekuasaan Raja Calicut. Cheng Ho tidak hadir secara pribadi karena dia bertanggung jawab sebagai pengawas atas perbaikan kuil di Tiongkok.

Perjalanan ketiga (1409-1411)
Perjalanan ketiga, untuk Cheng Ho yang kedua, dilakukan dengan 48 kapal dan sekitar 30.000 awak kapal. Rute yang ditempuh mirip dengan perjalanan pertama. Di perjalanan pulang didirikan gudang untuk barang. Raja Sri Lanka memusuhi orang Tiongkok. Pasukan Cheng Ho mengalahkan pasukan raja, menangkapnya dan membawanya ke Nanjing.

aldisurjana_zheng_hePerjalanan Keempat (1413-1415)
Pada akhir tahun 1412, Cheng Ho diperintahkan oleh Kaisar untuk melakukan perjalanan keempat. Pada pergantian tahun 1413/1414, armada berlayar dengan 63 kapal dan 28.560 orang. Tujuannya adalah Selat Hormuz di Teluk Persia, yang dikenal dengan mutiara dan permata. Bagian dari armada berlayar di sepanjang pantai timur dari Afrika ke Mozambik. Pada musim panas 1415, armada kembali ke Nanjing dengan diplomat Arab dan Afrika dan banyak harta dari Timur.

Perjalanan Kelima (1417-1419)
Pelayaran kelima diperintahkan oleh Kaisar pada tahun 1417 untuk membawa para diplomat dari Nanjing kembali ke kampung halaman mereka. Armada meninggalkan Nanjing pada tahun 1417, melintasi Teluk Persia ke pantai timur Afrika dan berhenti di Mogadishu. Armada kembali pada tahun 1419.

aldisurjana_Laksamana_Cheng_Ho_zheng_he_Columbus_kasim_Pangeran_Zhu_Di_yongle_yong_le_Yunnan_TiongkokPerjalanan Keenam (1421-1422)
Armada berlayar pada musim semi 1421. Perjalanan kembali ke Afrika melalui Asia Tenggara, India, dan Teluk Persia. Cheng Ho sendiri kembali ke Tiongkok pada akhir tahun 1421, sisa armada pada 1422. Kaisar Yongle meninggal pada tahun 1424. Ini berarti pukulan berat tidak hanya untuk Cheng Ho secara pribadi, tetapi juga untuk armada Tiongkok. Kaisar Hongxi yang baru (putra Yongle) mengakhiri perjalanan Armada dan mengirim pembuat kapal dan pelaut pulang. Cheng Ho menjadi komandan militer ibu kota Nanjing.

Perjalanan Ketujuh (1431-1433)
Kaisar Hongxi meninggal pada tahun 1425. Putranya, Kaisar Xuande, naik takhta. Dia cenderung pada kepentingan kakeknya dan armada diaktifkan kembali. Pada Tahun 1430 dia memberi perintah untuk perjalanan baru. Cheng Ho kembali sebagai laksamana. Tujuan dari perjalanan ini adalah pemulihan hubungan damai dengan kerajaan Malaka dan Thailand. Satu tahun kemudian, armada itu berlayar dengan 100 kapal dan 27.500 orang. Cheng Ho diduga meninggal pada tahun 1433 dalam perjalanan terakhirnya.

Diterjemahkan oleh Aldi Surjana
Dari Wikipedia Encyclopedia, Zheng He

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s