Ikhtisar Si Raja Kera Sun Wukong (4)

aldisurjana_si_Raja_Kera_Sun_Wukong_perjalanan_Xuanzang_ke_barat_Xiyouji_Journey_to_the_West_Wu_Cheng_en_Dinasti_Ming
Pemegang peranan utama yang sebenarnya adalah si raja kera Sun Wukong. Pertama-tama ditampilkan kelahiran Sun Wukong dari sebuah telur batu, yang dibuahi oleh angin, tercipta dari bahan sari pati langit, wewangian terbaik dari bumi, kekuatan dari matahari dan kecantikan dari rembulan. Dia adalah kera pertama yang berani melompati tirai air terjun ke gunung bunga dan bebuahan. Di situ dia menemukan dunia baru dan membawa rakyat kera ke sana. Sebagai tanda terima kasih, Sun Wukong dijadikan raja semua kera. Tapi tidak seberapa lama kemudian, Sun Wukong mengetahui bahwa untuk menjadikan kebahagiaannya lebih sempurna, dia masih kekurangan satu hal, yaitu umur yang panjang dan tidak bisa mati. Dan pergilah Sun Wukong melakukan perjalanan untuk mencari seorang Guru. Walaupun semulanya ragu-ragu, tapi akhirnya Sun Wukong diambil juga jadi murid oleh Tetua agama Tao Subhuti.

Namanya Sun Wukong yang berarti ‘kesadaran kosong’ yang diterimanya dari Subhutti. Ia belajar terbang diatas awan, salto awan melewati 108.000 li, 72 perubahan bentuk (dalam bentuk manusia, lalat, dadu) dan atas dasar kekuatan, kepintaran dan ambisinya, akhirnya dia memperoleh kekuatan tidak bisa mati. Hal itu membuatnya sombong dan takabur, sehingga akhirnya di usir oleh Subhuti. Sebelumnya Sun Wukong di ambil sumpah, agar merahasiakan siapa gurunya. Subhuti merasa yakin, bahwa Sun Wukong akan berakhir dengan tidak bagus. Tanpa menghiraukan pemikiran gurunya, Sun Wukong merajalela dengan keberaniannya sampai akhirnya harus berhadapan dengan pasukan tentara kerajaan langit. Karena ilmu Sun Wukong memang benar-benar hebat, para jendral pasukan langit tidak bisa menangkapnya untuk di tuntut.

Kebolehannya yang paling luar biasa adalah menjenggut bulu dan meniupnya dari telapak tangan, sehingga dirinya berubah menjadi ribuan banyaknya. Pasukan kerajaan langit semakin kawatir dengan keadaan itu, hanya Buddha yang berhasil menaklukkannya. Buddha mengajak si raja kera taruhan. Sun Wukong harus berusaha terbang keluar dari telapak tangannya. Terbanglah Sun Wukong dengan kekuatan yang luar biasa sampai ke ujung dunia, di situ dia menemukan 5 buah tiang. Di sanalah di satu tiang dia menulis namanya, di belakang tiang lainnya dia kencing.

Dengan bangga dia terbang kembali ke telapak tangan Buddha, di situ dia menemukan graffitinya yang belum kering di jari Buddha dan bau pesing di belakang jari lainnya. Buddha mengurung Sun Wukong di bawah gunung 5 elemen, agar dia merenungkan kesalahan kesalahannya. Hanya pendeta peziarah ke barat saja yang boleh membebaskannya, itu pun hanya bisa terlaksana dengan pertolongan Guanyin Sebagai pelindung perjalanan ke barat. Sun Wukong berkembang menjadi penolong yang dapat diandalkan dalam menghadapi kesulitan. Tingkah lakunya yang lucu, kericuhannya, penampilan simpatik manusia kera yang tak terkalahkan dalam setiap pertandingan, semua itu tidak bisa dihalau lagi dari hati manusia.

-Sekian-

Disusun oleh : Aldi Surjana
https://aldisurjana.wordpress.com/

 

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s