Petualangan Kwai Chang Caine

aldisurjana_Kwai_Chang_Caine_kung_fu_Shaolin_fighting_Bruce_Lee_Carl_Douglas_David_Carradine_china

Serial televisi Kung Fu (1972-1975) adalah kisah tentang petualangan seorang biksu Shaolin Cina blasteran bernama Kwai Chang Caine pada paruh kedua abad ke-19. Tanpa sengaja Kwai Chang membunuh seorang anggota keluarga kekaisaran dalam sebuah pertempuran dan karena itu terpaksa harus meninggalkan Cina. Dia kabur ke Amerika Serikat bagian barat untuk menghindari penangkapannya dan sekalian mencari saudara tirinya, ia berkeliaran di Wild West sendirian.

Kwai Chang selalu berusaha mengharmonikan cara hidup koboi dunia barat yang kasar yang ia temui dengan nilai-nilai kedamaian dan non-kekerasan yang melekat dalam biara Buddha. Sebagian besar dari setiap episode adalah kilas balik Kwai Chang yang mengenang masa remajanya di sebuah kuil Buddha di Cina.

Permusuhan terbuka yang diperlihatkan kepada para imigran Cina di negara-negara bagian barat AS adalah tema di banyak episode. Kwai Chang, misalnya, berhasil mengklarifikasi pembunuhan orang Cina yang dilakukan secara diam-diam di sebuah kota kecil, sementara di episode lain ia sendiri didakwa dengan pembunuhan, meskipun bukti tidak lengkap.

Rupanya serial ini cocok dengan selera sezaman, sehingga banyak aktor terkenal ikut main dalam peran tamu. Banyak episode dari seri ini telah memenangkan penghargaan, termasuk Emmy Award dan Writers Guild of America Award.

Meskipun seni bela diri yang ditampilkan dalam seri dapat dikatakan sebagai bukan sesuatu yang luar biasa, seri ini telah berkontribusi pada popularitas seni bela diri Cina, tetapi juga dengan penggunaan istilah Kung Fu yang salah di Barat.

Ada gunjingan bahwa serial ini awalnya direncanakan untuk Bruce Lee dengan judul The Warrior dan ide tersebut telah didiskusikan dengan para produser. Namun para produsen seri menyangkal hal ini. Jerry Thorpe (sutradara) memang menginginkan Bruce Lee, yang saat itu relatif tidak dikenal, benar-benar berperan sebagai pemeran utama, tetapi setelah wawancara, para produser akhirnya tidak setuju karena aksennya yang kuat.

Saya pribadi selain sangat menyukai kata-kata bijak yang banyak bermunculan dalam seri ini juga sangat menggandrungi musik pengiring „Kung fu fighting“-nya Carl Douglas 🙂 Yang patut disayangkan adalah di setiap episode seri ini, saya selalu membayangkan Bruce Lee sebagai Kwai Chang, bukan David Carradine.

by aldithe

 

Werbeanzeigen

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s