Gerombolan Emas (Golden Horde)

Gerombolan_Emas_Golden_Horde_Kaifeng_Kaisar_Huizong_Qinzong_serangan_mongol_tatar_china_tiongkok

Hari penghinaan pun datang, ketika para penunggang kuda Gerombolan Emas menyerang ibu kota timur Kaifeng, baik Kaisar Huizong yang sudah turun tahta maupun anaknya Qinzong, beserta seluruh Pangeran dan Putri serta seluruh penghuni istana diangkut ke Wilayah Utara sebagai tahanan.

Negeri Tengah tanpa penguasa, di mana-mana terjadi ketidak pastian, perebutan kekuasaan, Semua ikatan ketertiban terlepas, rakyat mulai meninggalkan rumah dan pergi mengungsi, kerumunan manusia meratap, rumah-rumah dan kandang ternak menjadi puing dan abu, seratus keluarga menangisi kerabat terkasih, yang menggantung diri atau tertinggal di tepi jalan pengungsian. Orang tua terpisah dari anak-anaknya, suami terpisah dari istri, roh menjerit dan hantu melolong.

Setelah para penunggang kuda liar gerombolan Emas merebut sela gunung Kaoyang, mereka meluruk ke provinsi Shandong, menaklukkan bentengan Tung chang fu dan menuju Tsing ho hsian. Sebuah gelombang penggungsian baru melanda Tsing ho hsian dan menyapu semua yang masih tersisa dan bisa dibawa lari.

Jalan menuju pintu gerbang dipenuhi rombongan pengungsi, yang ingin keluar ke alam bebas. Para wanita menjerit, anak-anak meratap, dengan putus asah semua berjuang untuk hidupnya, keluarga bercerai berai, perbedaan derajat lenyap, setiap orang berjuang untuk dirinya sendiri, yang lebih kuat menekan yang lebih lemah, harimau bergumul dengan naga, reptil dan ular saling memangsa.

Jauh di tenggara, debu memenuhi cakrawala, menutupi matahari. Gerombolan musuh mulai mendekat, bagaikan sekumpulan semut merayap, bagaikan serbuan sekawanan tawon, batang bambu berubah menjadi tombak dan lembing. Tulang belulang putih sepanjang tepian jalan menandai jalan yang dilalui Gerombolan Emas….

Keterangan:

Gerombolan Emas atau Orda Emas (bahasa Inggris: Golden Horde) adalah sebuah kekhanan Mongol-Tatar dalam abad pertengahan yang wilayahnya membentang dari Eropa Timur hingga Siberia Barat. Qinzong adalah Kaisar ke-9 dari Dinasti Song (utara). Dia adalah putra Huizong dan kakak dari Gaozong. Sebagai putra tertua Huizong, Qinzong menggantikan takhta ayahnya di puncak pertempuran Gerombolan Emas pada 1126 setelah Huizong turun tahta. Qinzong memerintah hanya untuk waktu yang singkat. Pada awal 1127, Kaifeng jatuh ke pasukan Gerombolan Emas setelah Qinzong dipaksa menyerah. Dia masih memerintah secara formal sampai Maret 1127 dan kemudian mengikuti ayahnya ke penawanan Gerombolan Emas, di mana dia juga meninggal.

 

Cuplikan buku Jin Ping Mei (Petualangan Ximen dan 6 istrinya), Bahasa Indonesia, Diterjemahkan oleh Aldi Surjana

 

Werbeanzeigen

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s