Pendekar Hina Kelana (Siauw Go Kang Ouw) Novel Jin Yong yang Paling Dipolitisasi

aldisurjana_Pendekar_Hina_Kelana_Siauw_Go_Kang_Ouw_The_Smiling_Proud_Wanderer_Yue_Buqun

Benarkah kisah Pendekar Hina Kelana (Siauw Go Kang Ouw; The Smiling, Proud Wanderer) adalah novel Jin Yong yang paling dipolitisasi, dan merupakan kritik pedas penulis terhadap politik dan perpecahan Perang Dingin?.

Dalam kata penutup novel, Jin Yong menyebutkan bahwa novel ini dapat dibaca sebagai suatu alegori politik yang disamarkan sebagai novel cerita silat. Sebagai alegori, ia dapat terjadi pada „setiap dinasti atau organisasi“. Jin Yong juga menyatakan bahwa setelah novel ini diterbitkan, para politisi Vietnam telah memakai nama Yue Buqun dan Zuo Lengshan sebagai panggilan ejekan dalam sidang-sidang parlemen.

Meskipun Jin Yong tidak menyebutkannya secara jelas, banyak orang percaya bahwa berbagai karakter dan faksi yang ada dalam buku menggambarkan orang-orang dan adikuasa pada akhir 1960-an, yaitu saat novel ini ditulis. Liu Guozhong percaya bahwa Aliansi Lima Perguruan Pedang menggambarkan Uni Soviet dengan Zuo Lengshan sebagai personifikasi Joseph Stalin, sementara Perguruan Bulan Matahari menggambarkan Tiongkok dengan Dongfang Bubai sebagai personifikasi Mao Zedong. Perguruan besar lainnya, yaitu Shaolin, Wudang, and Emei menggambarkan Amerika Serikat, Inggris, dan anggota NATO lainnya.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pendekar_Hina_Kelana

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s