Cin Lam Kim, sosok wanita ibu Yo Ko yang dihilangkan Jin Yong dalam kisah Pendekar Pemanah Rajawali saat revisi.

aldi_surjana_Bryan_Sondakh_Cin_Lam_Kim_Yo_Ko_Jin_Yong_cersil_revisi_loch_roch

Dalam kisah Pendekar Pemanah Rajawali (LOCH) edisi pertama karya Chin Yung / Jin Yong, sosok perempuan bernama Cin Lam Kim ini mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam cerita, meskipun bukanlah tokoh utama dalam cerita namun Cin Lam Kim merupakan salah 1 benang merah penghubung antara kisah Pendekar Pemanah Rajawali (LOCH) dengan kisah Kembalinya Pendekar Rajawali (ROCH).

Sebelum mengalami revisi oleh penulis bahwa sebenarnya Bok Liam Cu (Mu Nianci) bukanlah perempuan yang melahirkan Yo Ko (Yang Guo) melainkan Cin Lam Kim lah yang merupakan sosok perempuan yang menjadi ibu kandung dari Yo Ko.

Diceritakan dalam novel Pendekar Pemanah Rajawali edisi pertama, tokoh karakter Cin Lam Kim hidup berdua bersama kakeknya, kedua orang tuanya mati dipagut ular, mereka hidup miskin dan akhirnya untuk bertahan hidup mereka menjadi penangkap ular.

Mereka tinggal di kecamatan Bu-leng, di kota Liong-hin, karena tidak mampu membayar pajak Kakek Cin dipaksa oleh pemimpin daerah setempat yaitu seorang Camat yang kebetulan doyan ular agar setiap bulan Kakek Cin dibantu Cin Lam Kim diwajibkan harus menyerahkan ular berbisa sebanyak 20 ekor.

Sampai pada musim tertentu ada waktunya ular-ular berbisa sulit untuk didapatkan sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kewajiban untuk menyetorkan ular sebanyak 20 ekor, sehingga untuk menebus ketidakmampuan itu si Camat menginginkan Cin Lam Kim seorang gadis yang masih muda dan cantik mau untuk dijadikan istrinya.

Pada saat Cin Lam Kim mau dijemput secara paksa oleh para petugas kantor camat untuk dikawinkan dengan si Camat kebetulan Kwee Ceng / Guo Jing sedang lewat ingin mampir bermalam di rumahnya Kakek Cin, sehingga dengan jiwa ksatrianya tanpa keraguan segera Kwee Ceng membantu menyelamatkan Cin Lam Kim bersama Kakek Cin.

Sebelum bertemu dengan Kakek Cin dan Cin Lam Kim, Kwee Ceng baru selesai berpisah jalan dengan Oey Yong / Huang Rong, dimana saat itu dia bersama Oey Yong bertemu dengan Gochin / Hua Zheng dan harus menghadapi pilihan yang sulit ketika dia harus memilih menikahi Gochin demi sebuah janji yang sudah dia sepakati pada saat perjodohannya oleh Jenghis Khan.

Gochin telah dimintanya pulang ke Mongol untuk menunggunya disana setelah dia menyelesaikan urusan besar yang sedang dihadapi Kaypang dan juga masalah dendam kematian ayahnya dan Paman beserta Bibi Yo.

Tongkat Pemukul Anjing milik Kaypang jatuh ke tangan Yo Kang / Yang Kang, untuk itu dalam perjalanannya Kwee Ceng bermaksud untuk mencari Ang Cit Kong / Hong Qigong, karena tidak berhasil menemukan Ang Cit Kong, Kwee Ceng bermaksud menyusul mencari Oey Yong dan akhirnya ia bertemu dengan keluarga Kakek Cin dengan maksud ingin menginap bermalam di rumah Kakek Cin sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Meski berhasil menggagalkan rencana para petugas anak buahnya si Camat pada saat ingin menjemput paksa Cin Lam Kim, Kwee Ceng sadar akan kekuatiran Kakek Cin kalau sewaktu-waktu setelah dirinya pergi melanjutkan perjalanannya bahwa si Camat dengan petugas2nya bisa kembali lagi.

Untuk itu dia memutuskan pergi ke kantor Camat untuk membuat perhitungan lanjutan agar mereka tidak lagi menindas Kakek bersama Cin Lam Kim, namun sesampainya di kantor Camat telah terjadi kebakaran besar, beberapa petugas di kantor Camat telah roboh terbakar, dan si Camat juga.

Ternyata tanpa sepengetahuan Kwee Ceng selama perjalanan diam-diam Oey Yong mengikuti dia, dan siapa lagi yang melakukan pembakaran di kantor Camat kalau bukan Oey Yong. Sebelum pergi meninggalkan Cin Lam Kim, Kwee Ceng sedikit memberikan latihan dasar tenaga dalam yang pernah diajarkan Ma Giok / Ma Yu kepada Cin Lam Kim agar setidaknya dapat sedikit membantu melindungi diri apabila kelak kembali diganggu orang jahat.

Selepas pertemuannya dengan kedua muda mudi Kwee Ceng dan Oey Yong, beberapa waktu berselang Cin Lam Kim kena ditangkap orang-orang Tiat Chiang Pay / Tiezhang Bai (Perguruan Tapak Besi) yang saat itu atas perintah Ketua mereka Kiu Cian-jin / Qiu Qianren untuk mengumpulkan (menangkap) para tukang penangkap ular agar bisa mendapatkan banyak ular untuk keperluan berlatih ilmu.

Dalam usahanya melindungi cucunya Cin Lam Kim si Kakek Cin mati terbunuh di tangan anak buahnya Ketua Kiu. Cin Lam Kim pun menjadi budak Tiat Chiang Pay untuk menangkap ular. Namun pada suatu hari Cin Lam Kim dipersembahkan Kiu Cian-jin kepada Yo Kang, seperti kita ketahui bahwa saat itu Perguruan Tapak Besi memutuskan tunduk dan mengabdi kepada kerajaan Kim.

Untuk menyenangkan hati Yo Kang yang merupakan seorang Pangeran Kim untuk itu Ketua Kiu mempersembahkan salah 1 budak perempuannya yaitu Cin Lam Kim untuk melayani Yo Kang.

Sebenarnya saat dirinya memperkosa Cin Lam Kim, Yo Kang tidak sadar kalau Bok Liam Cu melihat perbuatannya. Meski sering ditipu dan disakiti oleh Yo Kang namun Bok Liam Cu tetap setia dengan perasaannya kepada Yo Kang, sampai ketika ajal menjemput Yo Kang dia memilih untuk ikut mati bersama Yo Kang.

Pada saat Yo Kang sekarat karena kena racun ganas milik Auwyang Hong / Ouyang Feng yang menempel di duri baju lapis milik Oey Yong, Bok Liam Cu datang memeluk dan ingin membawa pergi tubuh kekasihnya itu namun kesakitan luar biasa membuat Yo Kang amat tersiksa.

Tidak tahan melihat Yo Kang tersiksa maka Bok Liam Cu memeluk sambil menempatkan tombak pendeknya ke dada Yo Kang, ketika ia memeluk dengan kuat maka ujung tombak melesak ke dalam, dan matilah kekasihnya itu, setelah itu dia pun ikut menikam dadanya sendiri dengan cara yang serupa. Yo Kang dan Bok Liam Cu mati bersama sambil berpelukan.

Kembali ke sosok Cin Lam Kim, akibat setelah diperkosa oleh Yo Kang pada akhirnya Cin Lam Kim hamil dan melahirkan seorang putra yang kemudian diberi nama Yo Ko oleh Kwee Ceng, mengapa Kwee Ceng memberikan nama Ko tentu kita sudah tahu bersama maksud dan alasannya.

Pada kelanjutannya di kisah Kembalinya Pendekar Rajawali (ROCH) edisi pertama diceritakan bahwa Cin Lam Kim hidup bersama putranya Yo Ko di kaki bukit, mereka hidup dari menangkap ular. Cin Lam Kim menurunkan dasar2 tenaga dalam yang pernah dia dapatkan dari Kwee Ceng kepada anaknya Yo Ko. Dasar Yo Ko memang anaknya pintar dan otaknya encer, serta banyak pula tipu akalnya, ketika berumur 7 sampai 8 tahun kepandaiannya menangkap ular sudah melebihi kemampuan ibunya.

Suatu waktu ketika pergi menangkap ular karena kurang hati2 Cin Lam Kim kena dipagut seekor ular aneh, dan obat pemunah racun ular yang selalu dibawanya ternyata tidak mempan untuk mengobati sehingga mengakibatkan kematiannya. Sejak itu Yo Ko menjalani kehidupan sebatang kara.

Namun pada akhirnya setelah mengalami revisi dari Chin Yung sang penulis, sosok Cin Lam Kim dihilangkan dalam kisah Pendekar Pemanah Rajawali dan Kembalinya Pendekar Rajawali, sosok Cin Lam Kim sebagai ibu kandung dari Yo Ko dalam cerita diambil ahli atau digantikan oleh sosok Bok Liam Cu.

Jadinya sosok Cin Lam Kim bersama Kakeknya tidak pernah ada lagi dalam cerita, dan Bok Liam Cu tidak ikut mati mendampingi kekasihnya Yo Kang tetapi terus melanjutkan hidup untuk melahirkan dan membesarkan anaknya Yo Ko hasil buah cintanya dengan Yo Kang.

By Bryan Sondakh 

Grup FB Golden Lotus

Picture: Zhao Liying as Bok Liam Cu / Mu Nianci (ROCH 2014)

 

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s