Wanita Berbaju Kuning (Yellow Dress Maiden) – Jin Yong

Penulis: Ari Huniarto

Part I: The Most Important Key Point For Linking ROCH to HSDS

Seorang tokoh karakter yang begitu digdaya dimana muncul di akhir cerita HSDS tetapi begitu misterius, ilmu silat yang sangat tinggi, elegant, cantik dan tentunya dekat dengan partai Gai Bang dan ilmu silat 9 Yin ( Jiu Yin Zhen Jing), ilmu silat yang begitu menggetarkan dan mengerikan didalam Trilogy Condor ini.

Ada 3 point penting mengenai tokohYellow Dress Maiden yang akan saya bahas :

1. Asal Usul

2. Status keluarga

3. Ilmu Silat

Mari kita bahas satu persatu ya, kita mulai dengan asal usul nya ketika first appearance di Gai Bang dikatakan dia berusia sekitar 26-27 th, dia mengatakan berasal dari Chang An.

Shi Hong Shi anak dari ketua Gai Bang, Shi Huo Long si tapak Emas-Perak memanggil tokoh ini dengan panggilan Yang Ji jie, Shi Hong Shi menceritakan bahwa dia pergi bersama ibu nya setelah Shi Huo Long meninggal dikarenakan pertempuran dengan Cheng Kun, dalam perjalanan selama beberapa hari naik kereta, berjalan kaki naik turun gunung hingga tiba di tepi hutan meminta pertolongan oleh orang ini, sambil membawa tongkat penggebuk anjing.

Istri Shi Huo Long menyembuhkan luka ditempat Yang Ji Jie, diragukan untuk hidup matinya sebab terluka oleh Jari Khayal Yin milik Cheng Kun.

Sepertinya sebuah kata yang mengatakan di tepi hutan ini mengindikasikan informasi yang sama seperti di ROCH bahwa setelah wilayah QuanZhen semua anggota QuanZhen dilarang masuk ke hutan, sebab itu adalah daerah Aliran Kuburan Kuno.

Dan seperti kita tahu bahwa gunung Zhongnan juga berada di lokasi di Chang An, dan gunung Zhongnan ini adalah tempat Aliran Kuburan Kuno dan QuanZhen berada.

Well sepertinya evidence pertama sudah terjawab ya…

Kemudian kita coba yang kedua yaitu masuk ke selisih keluarga dari Yellow Dress Maiden ini

Jika kita menilik dari usia Yang Ji Jie ini sekitar 26-27 th saat muncul di HSDS, maka hitungan saya melihat timeline adalah seperti ini :

Akhir ROCH dimana Yang Guo berusia sekitar 36-37 th ( Zhang Jun Bao 13-14 th )

Maka diakhir HSDS Yang Guo akan berumur sekitar 134-135 th ( Zhang San Feng berumur 110 th)

Yang Ji jie muncul di akhir HSDS berumur 26-27 th

Ada selisih dari Yang Guo ke Yang Ji Jie sekitar 109 th (ini artinya ada 2-3 generasi)

Anak Yang Guo akan berkisar di umur 96-97 th

Cucu Yang Guo akan berkisar 67-68 th

Dengan kata lain apabila Yang Ji jie adalah cicit dari Yang Guo

Apabila sang cicit masih bermarga Yang maka anak dan cucu Yang Guo adalah lelaki

Dengan catatan bahwa anak dan cucu Yang Guo menikah tua (diatas 33th)

Apabila anak dan cucu Yang Guo menikah muda (dibawah 25 th) maka akan tercipta 3 generasi berselang.

Dan itu artinya bahwa Yang Ji Jie adalah buyut dari Yang Guo.

Menurut analisa ini, saya memilih opsi ke dua yaitu Yang Ji Jie adala buyut dari Yang Guo, sebab lebih rasional dan masuk logika saya.

=====(cuplikan dari novel HSDS edisi 3)=======

Wanita baju kuning tersenyum tipis “Dengan generasi lampau partai Anda, leluhurku memiliki hubungan yang dalam, urusan ini tak perludisebut-sebut. Kalian jagalah baik-baik adik perempuan keluarga Shi ini.” Ia membungkuk memberi hormat. Bayangan kuning berkelebat, wanita itu sudah melesat ke atap.

Empat gadis hitam dan empat gadis baju putih bersamaan melompat ke atap. Kecapi dan suling mengalun…

==============================

Perhatikan kata-kata Leluhurku, memang biasanya jika sudah dikategori cicit atau buyut sudah menjadi kebiasan untuk memanggil leluhur kepada yang generasi tua jauh diatas generasi, dengan kata lain seperti memberikan penegasan bahwa Yang Ji Jie atau Yellow Dress Maiden ini adalah buyut dari Yang Guo.

Dan artinya 3 keturunan generasi Yang Guo kebawah adalah lelaki sesuai dengan prinsip patrilinieal dari Chinese cultural, sebab Yellow Dress Maiden diketahui masih bermarga Yang.

Kembali, sepertinyaevidence kedua sudah terjawab juga ya…

Teman, sekarang kita lihat bagian ketiga yaitu perihal ilmu silat.

Ada hal yang menarik bahwa untuk menyelesaikan konflik di Gai Bang, Yang Ji Jie menyuruh 2 orang pelayannya

=====(cuplikan dari novel HSDS edisi 3)=======

“Kabarnya,” kata wanita baju kuning, “ Ketua Partai Pengemis terkenal di dunia adalah karena ilmu 18 Tapak Penakluk Naga dan Tongkat Pemukul Anjing. Xiao Hong, mintalah petunjuk Kungfu ilmu 18 Tapak Penakluk Naga kepada ketua Shi. Xiao Long sesudah kakak Xiao Hong kalah, kau mintalah petunjuk ilmu Tongkat Pemukul Anjing kepada ketua Shi.” Dua gadis yang memegang seruling melompat maju, secara terpisah berdiri di kiri dan kanan.

Chen You Liang marah berusaha menghalangi kedoknya…(saya skip bagian ini)

Gadis bernama Xiao Hong berkata, “Nona, menyuruhku meminta petunjuk ilmu 18 Tapak Penakluk Naga, apa kau bisa tapak ini ? Apa 18 Tapak Penakluk Naga menggunakan pedang?”

==============================================================

Apa arti dari ini semua, kawan2….

Saya sering melihat sebuah perdebatan sengit di banyak forum selama berpuluh tahun ini, yang dimana perdebatan itu berisi tentang apakah Yang Guo menguasai 18 Tapak Penakluk Naga? Jika ilmu Tongkat Pemukul Anjing sudah terkonfirmasi Yang Guo memang betul menguasainya.

Banyak yang mengatakan Yang Guo tidak bisa menguasainya dikarenakan oleh kondisi tangan dari Yang Guo hanya satu, sedangkan ilmu 18 Tapak Penakluk Naga/ Xiang Long Zhe Ba Shang harus memakai kedua tangan.

Perdebatan itu sangat sengit dengan berbagai macam teori dan hipotesa, saya sih sangat menikmatinya, melihat orang-orang dengan kepandaian analisa nya melakukan akrobat hipotesa.

Tetapi menurut saya setelah melihat dari data di revisi 3 dari HSDS ini, saya meyakini Yang Guo memang firm menguasai kedua ilmu pusaka Gai Bang. Yang Guo pun sudah berperan seperti Xu Zhu yang didalam novel DGSD mendapat amanah dari Xiao Feng untuk melestarikan kedua ilmu pusaka ini dan membimbing ketua Gai Bang berikutnya.

Yang Guo didalam pemikiran saya bahkan mungkin lebih baik, ya jauh lebih baik dari Xu Zhu dalam menjaga pusaka Gai Bang sebab hingga buyut dari Yang Guo pun, 2 pusaka ini masih eksis di keluarga Yang.

Coba kita lihat perbandingannya :

Setelah the MightyXiao Feng akhirnya muncul Hung Chi Kung si pengemis jari Sembilan yang begitu legendaris, Xu Zhu dan relative menjaga pusaka Gai Bang hingga Hung Chi Kung sempurna menguasainya.

Xu Zhu dan relative menjaga 2 pusaka Gai Bang kurang dari 100 tahun ( Jika saya tidak salah menghitung timeline)

Sedangkan setelah Yelu Qi sang menantu Guo Jing diakhir ROCH yang sepertinya gugur bersama keluarga besar Guo hingga akhir dari HSDS tidak ada satupun ketua Gai bang yang mampu menguasai dengan sempurna.

Yang Guo dan relative menjaga 2 pusaka Gai Bang lebih dari 100 tahun.

Dan kemudian Zhang Wu Ji mendapatkan amanah berikutnya dari Yang Ji Jie (Yellow Dress Maiden) untuk menitipkan Gai Bang didalam bimbingan dan pengawasannya. ( Untuk ketiga kalinya Gai Bang mendapatkan pengawas dan pelindung)

Perdebatan tak berkesudahan berpuluh tahun itupun akan selesai dan ambyar menurut saya setelah melihat data-data ini, apabila Yang Guo tidak menguasai 18 Tapak Penakluk Naga ini maka tidak mungkin 4 generasi keturunan dibawah Yang Guo menguasainya, disini juga sudah jelas ternyata 18 Tapak Penakluk Naga ini dapat dimainkan oleh seorang pendekar yang bertangan satu. (Silahkan jika ada sanggahan lainnya yang lebih logikal)

====(Lihat kembali cuplikan dari novel HSDS edisi 3 diatas)====

Saat Yang Ji Jie menyuruh 2 pelayannya untuk menguji Shi Huo Long palsu dengan 2 ilmu pusaka itu menunjukkan bahwa 2 ilmu pusaka Gai Bang tersebut boleh dikatakan very well preserved hingga ke buyut Yang Guo menguasai dengan baik, bahkan 2 orang pelayannya pun mampu memperaktekan ke 2 ilmu pusaka ini, walaupun tingkat penguasaan kedua ilmu ini masih disangsikan menguasai atau tidaknya.

Analisa saya pun mengatakan bahwa Yang Ji Jie menguasai 2 ilmu pusaka Gai Bang ini dengan sangat baik, Kenapa ?

Sebab dengan melihat kemampuan dia yang begitu superb dan outstandingnya saat melawan Zhou Zhi Ruo di Shaolin, dengan menggunakan ilmu 9 Yin orthodox dan tentunya original.

Yang Ji Jie dengan begitu mudah mematahkan ilmu Zhou Zhi Ruo, ya…amat sangat mudah, terlihat sekali penguasaan 9Yin sudah sangat dalam dan sempurna.

Sama seperti dengan mudah nya Cheng Kun mematahkan ilmu Xie Xun atau Guo Xiang dipatahkan oleh bhiksu Wuse saat memainkan jurus-jurus dari Arahat Fist.

=====(cuplikan dari novel HSDS edisi 3)=======

Zhang Wu Ji menoleh dan melihat wanita baju kuning sedang bertarung dahsyat dengan Zhou Zhi Ruo. Wanita itu bertangan kosong, sedangkan Zhou Zhi Ruo tangan kanannya memegang pecut; tangan kirinya, belati. Namun Zhou Zhi Ruo masih dibawah angina. Ilmu silat wanita baju kuning tampak sejalan dengan ilmu silat Zhou Zhi Ruo, mengapung dengan cepat, perubahannya tidak mengikuti pola yang pasti, tetapi saat ia mengangkat tangan dan kaki, ilmu nya tidak sesat. Jika bayanganZhou Zhi Ruo bagaikan hantu, gerakan wanita baju kuning itu bagaikan dewi.

Melihat sebentar, Zhang Wu Ji sudah tahu wanita baju kuning itu pasti menang, ayah angkatnya sudah tidak bahaya. Namun, jurus-jurus yang dikeluarkan oleh wanita itu seperti bermaksud memancing, seolah ingin melihat dengan terinci ilmu silat Zhou Zhi Ruo. Jika ingin benar-benar meraih kemenangan, sejak tadi ia sudah berhasil mengalahkan lawan.

Wanita baju kuning berseru jernih, memutar tangan kiri, sudah merebut pecut ditangan Zhou Zhi Ruo. Ia menyikut titik penting di dada Zhou Zhi Ruo, tangan kanannya membuka, lima jari melayang di kepala Zhou Zhi Ruo. Ia berkata “ Kau ingin merasakan Cakar Tulang Putih Sembilan Bulan, tidak ?”

Zhou Zhi Ruo tidak bergerak, menutup mata, menunggu ajal.

Wanita berbaju kuning ini entah dari mana asal-usulnya. Tampaknya, ilmu silatnya berdasarkan Kitab 9 Yin, tetapi mendalam, tak seperti ilmuku. Saat bertarung dengannya, Cakar Tulang Putih Sembilan Bulan-ku tak berkutik dan tak bisa berkembang.

Dan satu lagi kehebatan dari Yellow Dress Maiden bagaimana dia mendemonstrasikan lightness skill nya atau yang sering disebut Ginkang.

Ketika Zhang Wu Ji sedang bertarung hidup mati dengan 3 bhiksu Du dan Zhou Zhi Ruo sudah berada dalam posisi yang sangat baik untuk menghabisi Xie Xun….

Bayangan tubuh Wei Yi Xiao berayun ringan, bagai asap masuk ke antara patahan pinus. Saat akan menerjang Zhou Zhi Ruo, ia melihat tangan wanita tergantung di udara. Jika dirinya sendiri menyerang, cakar tangan tersebut pasti akan menembus kepala Xie Xun

Wei Yi Xiao jaraknya tidak sampai tiga meter dari Zhou Zhi Ruo. Ia terpana, tidak berani maju, Sekejap, orang-orang dipuncak bukit seperti menjadi patungbatu, semua memperhatikan dan tidak bersuara.

“Bhiksu yang baik,” seru Zhou Dian, “Jika kau tak mengerti daging anjingku, aku akan mati dihadapanmu.” Ia mengangkat belati, menusukkannya ke perut,….. Zhou Dian memutuskan untuk mengabaikan diri sendiri untuk mengacaukan pikiran ketiga bhiksu.

Secepat kilat bayangan kuning berkelebat. Wanita baju kuning terbang, merebut belati, melemparnya ketanah. Ia melayangkan kaki ke titik penting Zhou Dia, membuatnya tidak mampu bergerak. Setelah itu, ia memiringkan tubuh dan maju, lima jarinya membentuk cakar, menjatuhkannya ke kepala Zhou Zhi Ruo…..

Lima jari Zhou Zhi Ruo dengan Xie Xun jaraknya tidak sampai tiga puluh sentimeter lebih, namun, ilmu lawan terlalu cepat, terpaksa Zhou Zhi Ruo memutar tangan untuk menangkis jurus ini.

…….Zhang Wu Ji melihat wanita baju kuning melompat kedalam lingkaran, merebut belati ditangan Zhou Dian, mengeluarkan jurus untuk menyerang Zhou Zhi Ruo, melepas Xie Xun dalam bahaya.

==============================

Zhang Wu Ji pun sendiri mengakui pada saat itu hanya Zhou Zhi Ruo saja digenerasi dia dan bahkan hingga 2 generasi diatas mereka yang kemampuannya hampir mendekati Zhang Wu Ji. Padahal Zhou Zhi Ruo hanya belajar ilmu 9Yin kurang dari 6 atau 9 bulan saja, sudah meningkat dengan lompatan quantum. ( Bisa dilihat bagaimana begitu hebatnya ilmu 9Yin)

Tetapi ketika bertemu dengan Yang Ji Jie, Zhou Zhi Ruo terlihat seperti pesilat kelas tiga, begitu mudahnya seluruh ilmu 9Yin nya (Cakar Tulang Putih dan Cambuk Phyton Putih) di patahkan.

Maka saya mencoba menarik kesimpulan mengenai tokoh Yang Ji Jie ini, dan jika analisa saya ini tepat maka untuk pertama kalinya kita menemukan bukti bahwa Xiang Long Zhe Ba Shang atau 18 Tapak Penakluk Naga, ilmu yang sangat identik dengan tenaga keras dan kasar, selalu diibaratkan dan sebuah keharusan untuk dikuasai oleh seorang lelaki, ternyata akhirnya dapat dikuasai oleh seorang wanita.

Apa sih menyebabkan saya mengambil kesimpulan seperti ini ada 2 hal :

1. Ilmu 9Yin jauh lebih kompleks dan rumit dari 18 Tapak Penakluk Naga

Didalam LOCH dan ROCH sudah jelas bahwa ilmu ini memang diatas semua signature skills dari para 5 Greats + LCY, QQR dan ZBT

2. Pelayan dari Yellow Dress Maiden ini dapat menguasai ilmu 18 Tapak Penakluk Naga

Ingatkah dengan 4 pengikut Bhiksu Yideng, yang kesemuanya mempunyai keahlian dalam ilmu Jari Matahari, sebuah ilmu yang dahulu hanya untuk keluarga Duan saja.

(Kali ini pola nya juga sama)

Dan satu lagi kehebatan dari Yellow Dress Maiden bagaimana dia mendemonstrasikan lightness skill nya atau yang sering disebut Ginkang.

Kita tahu bahwa sangat seedikit orang di Wulin yang bisa melewati kehebatan ilmu ringan tubuh dari si Raja Kelelawar Hijau Wei Yi Xiao, hanya Zhang Wu Ji di Ming Jiao yang mampu kemudian Zhou Zhi Ruo sendiri dan palingan 2 XuanMing Elder’s (Zhang San Feng selalu terhitung, tetapi mempertimbangkan dia sudah pension maka tidak dihitung)

Tetapi kali ini pada saat paling genting bagi Zhang Wu Ji, Yellow Dress Maiden melakukan sebuah demonstrasi yang betul-betul memperlihatkan bagaimana kemampuan lightness skill nya dia melewati Wei Yi Xiao, dia bisa dalam sekejap melakukan 3 hal dalam waktu yang hampir bersamaan begitu cepat, mengambil belati, memukul mundur Zhou Dian dan menyerang Zhou Zhi Ruo.

IMPRESIVE banget…..!!!

=====(cuplikan dari novel HSDS edisi 3)==========

Ketika Zhang Wu Ji sedang bertarung hidup mati dengan 3 bhiksu Du dan Zhou Zhi Ruo sudah berada dalam posisi yang sangat baik untuk menghabisi Xie Xun….

Bayangan tubuh Wei Yi Xiao berayun ringan, bagai asap masuk ke antara patahan pinus. Saat akan menerjang Zhou Zhi Ruo, ia melihat tangan wanita tergantung di udara. Jika dirinya sendiri menyerang, cakar tangan tersebut pasti akan menembus kepala Xie Xun

Wei Yi Xiao jaraknya tidak sampai tiga meter dari Zhou Zhi Ruo. Ia terpana, tidak berani maju, Sekejap, orang-orang dipuncak bukit seperti menjadi patungbatu, semua memperhatikan dan tidak bersuara.

“Bhiksu yang baik,” seru Zhou Dian, “Jika kau tak mengerti daging anjingku, aku akan mati dihadapanmu.” Ia mengangkat belati, menusukkannya ke perut,….. Zhou Dian memutuskan untuk mengabaikan diri sendiri untuk mengacaukan pikiran ketiga bhiksu.

Secepat kilat bayangan kuning berkelebat. Wanita baju kuning terbang, merebut belati, melemparnya ketanah. Ia melayangkan kaki ke titik penting Zhou Dia, membuatnya tidak mampu bergerak. Setelah itu, ia memiringkan tubuh dan maju, lima jarinya membentuk cakar, menjatuhkannya ke kepala Zhou Zhi Ruo…..

Lima jari Zhou Zhi Ruo dengan Xie Xun jaraknya tidak sampai tiga puluh sentimeter lebih, namun, ilmu lawan terlalu cepat, terpaksa Zhou Zhi Ruo memutar tangan untuk menangkis jurus ini.

…….Zhang Wu Ji melihat wanita baju kuning melompat kedalam lingkaran, merebut belati ditangan Zhou Dian, mengeluarkan jurus untuk menyerang Zhou Zhi Ruo, melepas Xie Xun dalam bahaya.

==============================

Disini sangat terlihat pepatah mengatakan Crouching Tiger and Hidden Dragon, dimana kemunculan keturunan Yang Guo mempunyai ilmu silat yang begitu hebatnya. Bahwa kita tahu Zhang Wu Ji sudah memiliki ilmu yang paripurna tetapi ternyata seorang gadis muda muncul dengan ilmu silat yang begitu paripurna juga.

Zhang Wu Ji dari sikap dan gesture tubuh begitu impress dengan Yang Ji Jie, tetapi dari sang Yellow Dress Maiden sendiripun sikap dan gestur nya seperti tidak terlalu peduli dengan kapasitas dan kapabilitas seorang Zhang Wu Ji yang namanya begitu menggemparkan dunia persilatan.

Seperti seakan memberikan pesan bahwa I am more prominent than you, interesting bukan ? Begitu confident nya keturunan Yang Guo yang muncul di HSDS.

Jin Yong memang lihay membuat sebuah pesan yang implisit.

Finally, Yang Ji Jie pun meninggalkan Shaolin kepada Zhang Wu Ji sambil bersenandung dan memberikan tugas amanah kepada Zhang Wu Ji sebagai Protector of Gai Bang yang terbaru.

“Dibalik Gunung Zhongnan, Kuburan Mayat Hidup, Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar, meninggalkan dunia persilatan.”

What a outstanding performance in the short appearance…..A Yang Guo descendant !!!

Part II : Is Her The Silent Protector of Gai bang and The Preserver of 9Yin Manual

Saya sangat senang dengan diskusi yang terjadi didalam postingan saya sebelumnya mengenai Yellow Dress Maiden dan diskusi yang paling panjang dan produktif juga inspiratif sudah sesuai dugaan saya adalah pada saat kita membicarakan ilmu silat dan akhirnya melebar hingga luas.

Saya begitu menikmati diskusi yang baik ini, sekali lagi konstruktif dan inspiratif. Untuk itulah sebetulnya forum ini ada, sehingga kita bisa belajar banyak dari para pembaca yang sama tetapi dengan buku yang sama masing-masing pembaca mempunyai berbagai macam sudut pandang dan di uji masing-masing sudut pandang ini di sebuah forum untuk bertujuan ya sama-sama saling belajar.

Tidak ada kebenaran mutlak dari setiap sudut pandang apalagi jika itu masih dalam tahap hipotesis

Hipotesis dapat diturunkan dari teori yang berkaitan dengan masalah yang akan kita teliti. Jadi, Hipotesis tidak jatuh dari langit secara tiba-tiba!!!!!!

Baik, yuk mari kita masuk ke pokok permasalahannya…

The Preserver of 9 Yin Manual

Seperti yang sudah saya sharingkan dalam postingan saya sebelumnya mengenai seorang tokoh yang bernama Yellow Dress Maiden yang dipanggil dengan nama Yang Ji Jie begitu impaccable dalam novel seri akhir dari Trilogy Condor Heroes, Heaven Sword and Dragon Sabre.

Sebuah hipotesis yang saya ajukan mengenai apakah Yellow Dress Maiden menguasai Xiang Long Zhe Ba Sang atau 18 Subduing Dragon Palmsatau 18 Tapak Penakluk Naga dan tentunya ilmu paling sakral didalam partai Gai Bang (Beggar Clan) Da Gou Ba Fang atau Dog Beating Stick atau Tongkat Penggebuk Anjing.

Dan apakah keluarga Yang dalam hal ini adalah Yang Guo descendants mendapatkan amanah dari Gai Bang (Huang Rong dan Yelu Qi) untuk menjadi silent protector dari Gai Bang berikutnya setelah Xiang Yang jatuh. Dimana didalam novel HSDS appearance dari keluarga Yang ini diwakili oleh Yellow Dress Maiden.

Mari kita lihat lebih detail, kawan :

Kita tahu di ROCH bahwa Yang Guo tidak pernah mempelajari 9 Yin manual Jiu Yin Zhen Jing, secara orthodox, 9 Yin yang dipelajari Yang Guo adalah imperfect.

Yang dipelajari Yang Guo didalam kitab 9 Yin tidak semuanya, hanya beberapa seperti

1. Rumus membuka totokan

2. Rumus menutup energi (ilmu pernafasan)

3. Ilmu menggerakkan sukma

4. Tangan memetik 5 dawai

5. Mengubah otot menempah tulang

Reverse 9 Yin untuk saat ini tidak diperhitungkan dulu ya.

Hanya Guo Jing satu-satu nya orang yang mempelajari 9 Yin secara completely secara total.

Didalam HSDS dikatakan Guo Jing menulis semua ilmu silatnya dan menyimpan di gunung Pudu di Pulau Persik, kemudian peta nya ditulis di lempeng yang kemudian ditaruh didalam Golok Naga dan Pedang Langit, yang artinya adalah:

· 9 Yin manual

· 18 Tapak Penakluk Naga

· semua ilmu pulau persik,

· semua ilmu Quan Zhen

· ilmu dari Zhou Bu Tong

· 7 Manusia Aneh dari Jiang Nan

· Kitab perang Wumu

Perlu kita ketahui bahwa Jiu Yin Zhen Jing atau 9 Yin adalah manual kitab ilmu silat yang berisikan begitu banyak ilmu silat baik eksternal maupun kultivasi didalamnya dan termasuk ilmu pengobatan.

Bisa jadi sebagai contoh adalah seperti kitab yang dibawa Jiumozhi yang kemudian diberikan oleh Duan Yu di akhir DGSD yaitu 72 manual Supreme Skills Shaolin. Sebuah Kitab yang berisi 72 ilmu silat di Shaolin, dimana setiap ilmu silat mempunyai puluhan hingga ratusan jurus dengan ratusan hingga ribuan perubahan.

Artinya 9 Yin manual sama persis dengan 72 manual Supreme Skills, banyak ilmu silat didalam 1 set manual.

Hint berikutnya, setelah ROCH berakhir akhirnya Yang Guo mengembara keluar dari dunia persilatan dan Guo Jing Family mempertahankan Xiang Yang hingga gugur bersama seluruh anggota keluarganya termasuk Yelu Qi dan kecuali Guo Xiang.

Fakta di dalam HSDS mengatakan bahwa :

Setelah pertempuran di Shaolin dimana Zhou Zhi Ruo ketika dia harus dipermalukan Yellow Dress Maiden dengan ilmu yang sama 9 Yin White Bone Claw atau Jiu Yin Bai Gu Zhao

Zhang Wu Ji mengatakan “ Ilmu silat dari kakak berbaju kuning itu jelas berasal dari sekolah yang sama, namun gerakannya kokoh tanpa tanda-tanda kejahatan, sangat murni dan terhormat. Nampaknya ilmu silatnya juga berasal dari kitab ini, 9Yin.” (Dicuplik dari HSDS edisi revisi 3).

Disini kita melihat ada 4 hint utama :

1. Bahwa Yang Guo hanya menguasai sebagian 9Yin

2. Guo Jing adalah satu-satunya orang yang menguasai 9Yin manual secara lengkap

3. The Fall of Xiang Yang

4. Bahwa Yellow Dress Maiden Menguasai ilmu 9 Yin White Bone Claw atau Jiu Yin Bai Gu Zhao

Kesimpulan saya,

Yang Guo dipastikan tidak menguasai ilmu ini di dalam cerita novel ROCH, tetapi Yellow Dress Maiden yang kita sepakat selama ini bahwa dia adalah keturunan dari Yang Guo bisa menguasai ilmu ini dan muncul di HSDS dengan begitu prominent.

Mari kita lihat Cuplikan dari HSDS edisi revisi 3

Zhang Wu Ji menoleh dan melihat wanita baju kuning sedang bertarung dahsyat dengan Zhou Zhi Ruo. Wanita itu bertangan kosong, sedangkan Zhou Zhi Ruo tangan kanannya memegang pecut; tangan kirinya, belati. Namun Zhou Zhi Ruo masih dibawah angina. Ilmu silat wanita baju kuning tampak sejalan dengan ilmu silat Zhou Zhi Ruo, mengapung dengan cepat, perubahannya tidak mengikuti pola yang pasti, tetapi saat ia mengangkat tangan dan kaki, ilmu nya tidak sesat. Jika bayanganZhou Zhi Ruo bagaikan hantu, gerakan wanita baju kuning itu bagaikan dewi.

Zhou Zhi Ruo bergumam dalam hati, Wanita berbaju kuning ini entah dari mana asal-usulnya. Tampaknya, ilmu silatnya berdasarkan Kitab 9 Yin, tetapi begitu mendalam, tak seperti ilmuku. Saat bertarung dengannya, Cakar Tulang Putih Sembilan Bulan-ku tak berkutik dan tak bisa berkembang.

==============================

Teman-teman, terlihat kan sebuah fakta mencengangkan, kenapa Yellow Dress Maiden bisa dapat menguasai ilmu 9 Yin White Bone Claw atau Jiu Yin Bai Gu Zhao bahkan dengan sangat baik dan mendalam padahal Yang Guo sang kakek buyutnya tidak menguasai ilmu ini, bahkan Guo Jing memilih untuk tidak pernah mendalami ilmu ini. Kenapa ya bisa ?

Teringat akan statement dari saudara Andy Pranoto dalam postingannya yang mengatakan sebuah opsi.

Apa yang terjadi apabila seorang tokoh yang nantinya menjadi kaisar lalim, ternyata mendapatkan dan menguasai kitab perang WuMu dan ilmu silat hebat khususnya 9Yin.

Menurut saya opsi ini betul-betul sangat bagus dan juga betul-betul sangat rasional dalam situasi saat itu yang memang sangat buruk ( The Fall of Xiang Yang) dan ini akan menjadi masalah besar untuk bangsa Han dikemudian hari.

Dimana akhirnya saya menyimpulkan jikalau Huang Rong memang sudah memikirkan opsi terburuk ini. Dan harus ada solusi terbaik untuk ini, bukan ?

Sehingga akhirnya Guo Jing menitipkan manual 9Yin kepada Yang Guo untuk bisa di preserve dengan baik ( Masih ingatkah apa yang dilakukan oleh Xiao Feng kepada Xu Zhu, cerita ini tentunya Guo Jing dan Huang Rong pernah mendapatkan informasi ini dalam sejarah Gai Bang.) Amat sangat masuk akal bukan logika ini?

Lalu kenapa mesti Yang Guo ?

1. Ilmu dia adalah yang terbaik di generasi nya

2. Sudah menguasai sebagian dari 9Yin itu sendiri

3. Tidak mempunyai hasrat untuk menjadi serakah

4. Keluar dari dunia persilatan adalah opsi terbaik untuk menjadi silent protector

5. Masih family relative

Atau kawan-kawan bisa membantu saya, adakah tokoh yang lebih baik dari seorang Yang Guo pada masa itu yang dapat diberikan amanah utk sebagai solusi dari kemungkinan terburuk masa depan bangsa Han?

Finally, 1 Point besar sudah terlihat kesimpulannya ( Silahkan teman-teman menyanggahnya tentunya dengan data yang kuat ya, please…)

Bagaimana dengan point besar berikutnya yaitu

Silent Protector of Gai Bang

Lets move, coba kita lihat pelan-pelan hint yang ada.

Tercatat di novel HSDS, saat Shi Huo Long meregang nyawa setelah pertempurannya dengan Cheng Kun, dia menyuruh istri dan anaknya untuk menemuin seseorang untuk meminta tolong. Istri dan anak Shi Huo Long yaitu Shi Hong Shi akhirnya dapat bertemu dengan seseorang yang kemudian menjadi alasan seseorang ini keluar dari dunia persilatan., Yellow Dress Maiden dan Shi Hong Shie memanggilnya Yang Ji Jie.

Dirumah Yellow Dress Maiden istri dari Shi Huo Long dirawat, Yellow Dress Maiden datang ke Gai Bang bersama dengan Shi Hong Shi untuk membantu menyelesaikan kemelut di Gai Bang yang akhirnya bertemu dengan Zhang Wu Ji.

Sebuah pertanyaan paling penting adalah kenapa Shi Huo Long tidak meminta istrinya datang ke EMEI dan kenapa harus malah mencari ke Yang Family ???

Bukankah Yang Family sudah tidak pernah muncul lagi di dunia persilatan, lah ini setelah 100 tahun lebih dari akhir cerita ROCH, kenapa seorang Shi Hong Li dapat mengutus anak dan istrinya mencari Yang Family dan bertemu

Cukup mudah bertemunya mereka berdua menurut saya setelah membaca penjelasan dari Shi Hong Shi yang tercatat di HSDS, dibandingkan dengan informasi yang juga tercatat di HSDS bahwa seumur hidupnya Guo Xiang tidak pernah bertemu lagi dengan Yang Guo setelah mencari kemana-mana.

WOOWW…..Ada Apa dan Kenapa ?

Mari kita lihat lebih jernih lagi, secara logika dan rasional bukan secara emotional.

Bukan kah pendiri Emei adalah anak kandung dari Huang Rong, adik ipar dari Yelu Qi, cucu murid dari Hung Qi Gong mereka bertiga ini adalah tokoh sentral Gai Bang di masa LOCH dan ROCH.

Untuk semua hubungan yang terurai disini, sudah sangat jelas sekali tidak ada alasan lain untuk tidak meminta bantuan EMEI dalam menyelesaikan kemelut di Gai Bang.

Apalagi EMEI di masa HSDS adalah perguruan orthodox yang sangat prominent, boleh dikatakan mereka adalah big three sect in wulin at that time. Kira-kira kurang apa lagi status EMEI untuk dapat menjadi sandaran Gai Bang dalam menghadapi badai kesulitan.

Tetapi Shi Huo Long tetap memilih Yang Family sebagai sandaran akhir bila terjadi kemelut di partainya, Gai Bang.

Apakah karena melihat Zhou Zhi Ruo sudah tersesat sehingga Gai Bang tidak mungkin kesana lagi, EMei ?

Dugaan ini lemah sekali pembuktiannya.

Mari kita lihat, menilik dari time line yang ada di HSDS, Kematian Shi Huo Long ini terjadi sebelum appearance Zhou Zhi Ruo dengan Cakar Tulang Putih dan Cambuk Phyton Putih dari 9Yin, yang begitu mencengangkan di dunia persilatan.

Seperti contoh Zhang San Feng, dalam keadaan sangat sulit dan tidak punya opsi lagi seorang The Great Zhang San Feng yang sudah dikatakan Orang Suci pun tetap datang sendiri ke Shaolin (tidak mengutus muridnya) untuk meminta tolong untuk menyembuhkan Zhang Wu Ji.

Padahal hubungan Shaolin dan WuDang selama 15 tahun setelah peristiwa terbunuhnya WuDang Hero 5 Zhang Chui San dan cidera permanen nya WuDang Hero 3 Yu Dai Yan begitu buruk. Belum lagi hubungan historis yang sangat buruk dari Zhang San Feng yang pada saat itu bernama Zhang Jun Bao dituduh mencuri ilmu dan diusir dari Shaolin.

Dan kedua perguruan ini seperti seakan-akan terlibat dalam perseteruan dan persaingan untuk mendapatkan dan memperoleh supremasi sebagai pemimpin dunia persilatan

Kembali lagi ke kasus kita, sebuah pertanyaan mendasar.

Apakah hubungan Gai Bang dengan Emei seburuk hubungan Shaolin dengan WuDang ?

Saya berpendapat tentu tidak, hubungan mereka flat selama tercatat di HSDS, hanya kemudian meruncing dan panas di akhir cerita.

Bahkan Gai Bang di era HSDS tidak masuk kedalam kategori partai elit. Gai Bang mengalami kemunduran reputasi. Sudah tidak setara lagi dengan ShaoLin dan digantikan oleh 4 partai baru, WuDang, Emei, Hua San dan Kong Tong. Situasi Gai Bang di LOCH dan ROCH dibandingkan dengan di HSDS bagaikan bumi dan langit.

Seharusnya Gai Bang tidak malu jika harus menjadikan Emei menjadi sandaran akhir partainya bila terjadi hal yang begitu pelik dan genting.

Fakta di dalam HSDS mengatakan bahwa :

1. Tidak tercatat apapun di akhir ROCH maupun di HSDS bahwa Yelu Qi memberikan 2 ilmu pusaka Gai Bang kepada anggota Gai Bang lainnya untuk preserve kedua ilmu hebat kebangaan Gai Bang.

2. Sangat berbeda dengan kasus Xiao Feng saat menitipkan 2 ilmu pusaka ini kepada Xu Zhu, tercatat di akhir DGSD bahwa beberapa tahun berikutnya ada orang yang dikirim oleh Gai Bang untuk belajar kedua ilmu pusaka tersebut.

3. Yellow Dress Maiden menyuruh 2 orang pelayannya untuk test ilmu kepada Shi Huo Long palsu untuk mempraktekan kedua ilmu pusaka Gai Bang.

4. Yellow Dress Maiden meminta Zhang Wu Ji untuk membantu dan menjaga Gai Bang dikemudian harinya. Sebuah amanah yang sangat berat, padahal dia sudah mundur dari Jiang Hu.

Kesimpulan saya,

Peristiwa The Fall of Xiang Yang tentunya sangat dramatis, secara rasional jika kita melihat sifat dari Gai Bang selama ini terlihat dimulai dari DGSD hingga Trilogy Condor, mereka selalu mempunyai semangat patriotik yang tinggi dalam membela negara.

Saya berkesimpulan banyak dari orang gagah dari Gai Bang untuk ikut turut serta bersama keluarga besar Guo mempertahankan Xiang Yang hingga titik darah penghabisan. Ya dikarenakan selain memang panggilan patriotik membela negara, juga ada keluarga besar Guo yang memang menjadi idol dari Gai Bang pada masa itu.

Menurut hemat saya, besar kemungkinan inilah yang menyebabkan Gai Bang mengalami decline atau penuruan kualitas dan kuantitas pendekar didalam organisasinya secara massive.

Kembali lagi kepada the worst scenario The Fall of Xiang Yang,

Pastinya Huang Rong sudah membuat way out nya sebagai solusi. Huang Rong adalah salah satu karakter paling pintar di Jin Yong Universe, bahkan menurut saya dia paling pintar dalam strategic thinking, selain Yang Guo dan Huang Yao Shi secara overall skills. Melihat dari karakter Huang Rong mustahil dia tidak menyiapkan way out untuk scenario the Fall of Xiang Yang.

Saya mengajukan hipotesa seperti ini berdasarkan hint yang sudah tersedia selama ini.

Huang Rong dan Guo Jing memanggil Yang Guo dan Xiao Long Nu untuk

1. Membuat Golok Naga dan Pedang Langit kemudian menyebar issue tentang kedua senjata pusaka ini.

2. Menitipkan copy kedua berikutnya sesuai dengan apa yang ada tersimpan di gunung Pudu, pulau persik kepada Yang Guo untuk di preserve.

3. Menitipkan Gai Bang kepada Yang Guo sebagai silent protector.

Mari kita lihat alasan konkritnya dengan penjelasan 3 point diatas:

1. Sudah tercatat jelas dalam novel HSDS

2. Siapa yang mempunyai kemampuan baik secara skill, mental dan karakter untuk memegang amanah ini selain Yang Guo (any idea, please ?)

Masih ingatkah dengan opsi yang diberikan saudara Andy Pranoto ketika semua ini seandainya jatuh ke kaisar lalim atau malah Mongol itu sendiri lalu bagaimana?

Jelas ini adalah back up plan for the way out of the worst scenario, if Xiang Yang fall ?

Dan hanya Huang Rong yang mampu merumuskan plan ini.

3. Apa sih kriteria memilih Yang Guo sebagai silent protector of Gai Bang :

· Da Gou Ba Fang atau Dog Beating Stick adalah ilmu yang dimana Yang Guo menguasainya secara experd, tercatat ada sekitar 5x Yang Guo memakai ilmu ini untuk bertempur, bahkan hingga kategori hidup mati ( Xu Zhu bahkan tidak tercatat pernah memakai ilmu ini untuk combat).

· Ilmu ini menurut saya jauh lebih sakral dari Xiang Long Zhe Ba Sang atau 18 Tapak Penakluk Naga, sebab hanya seorang Pangcu (Ketua) Gai Bang saja yang boleh belajar ilmu ini. ( tercatat hanya 2 orang non pangcu yang pernah menguasai ilmu ini Xu Zhu dan Yang Guo.)

· Yang Guo belajar ilmu ini langsung dari Hong Qi Gong dan Huang Rong yang artinya dia begitu dipercaya oleh kedua tokoh hebat ini untuk mempelajari ilmu sakral dari Gai Bang ( Mereka berdua rela melanggar aturan)

· Ilmu sakral Gai Bang ini hanya diturunkan secara oral atau verbal secara turun temurun tidak ada kitab manualnya.

· Yelu Qi adalah saudara angkat Yang Guo, jadi sangat masuk akal menitipkan Gai Bang kepada Yang Guo ( Seperti halnya Xiao Feng kepada Xu Zhu)

Seperti didalam postingan saya sebelumnya mengenai asal usul Yellow Dress Maiden, dimana saya sangat meyakini opsi bahwa Yellow Dress Maiden atau Yang Ji Jie adalah keturunan Yang Guo dengan status buyut dari Yang Guo atau generasi ke 4 dari Yang Guo.

Dikarenakan Dog Beating Stick atau Da Gou Ba Fang adalah bersifat oral atau verbal dalam penurunan ilmunya maka Yang Guo akan mengajarkan ilmu ini kepada setiap keturunannya dikarenakan amanah dari Guo Family kepada Yang Guo sebagai silent protector of Gai Bang dan tentunya melakukan preserve ilmu ini.

Kesimpulan besar saya adalah,

· Yang Guo mempelajari ilmu silat 9 Yin atau Jiu Yin Zhen Jing imperfect

· Yang Guo mempelajari ilmu silat Dog Beating Stick atau Da Gou Ba Fang ( Diajarkan secara oral atau verbal). Sekali lagi ilmu ini untuk Gai Bang lebih sakral daripada XL18S.

· Yang Guo mempelajari ilmu silat Pulau Persik, (Yang Guo menyebut Huang Yao Shi sebagai guru di ROCH)

· Yang Guo keluar dari dunia persilatan dan menyepi

· Yang Guo mempunyai karakter sifat tidak gila ilmu dan kekuasaan

· Yang Guo adalah relative dari Guo Family

· Xiang Yang Fall, Guo Family tewas dalam mempertahankan Xiang Yang (Guo Fu hilang)

· Gai Bang meminta bantuan ke Yang Family dan bukan ke Emei, di HSDS

· Yellow Dress Maiden menguasai ilmu 9 Yin White Bone Claw atau Jiu Yin Bai Gu Zhao

· Yellow Dress Maiden meminta Zhang Wu Ji untuk membantu dan menjaga Gai Bang dikemudian harinya menjadi the next silent protector of Gai Bang.

Maka dengan kata lain

1. Apakah ada alasan lain untuk Guo Jing tidak menitipkan 9Yin manual atau Jiu Yin Zhen Jing kepada Yang Guo sebagai preserver? definitely TIDAK ADA ALASAN Lain, its a Crystal Clear !

2. Apakah ada alasan lain untuk Guo Jing dan Huang Rong tidak menitipkan manual Xiang Long Zhe Ba Sang atau 18 Tapak Penakluk Naga kepada Yang Guo sebagai preserver?

definitely TIDAK ADA ALASAN Lain, its a Crystal Clear !

3. Artinya keturunan Yang Guo menguasai ilmu tapak paling prominent di dunia persilatan yaitu manual Xiang Long Zhe Ba Sang atau 18 Subduing Dragon Palm, ilmu tongkat paling effectic dan effisien Da Gou Ba Fangg atau Dog Beating Stick dan juga manual ilmu silat yang paling menggetarkan dunia persilatan selama 50 tahun Jiu Yin Zhen Jing atau 9Yin.

4. Dan semua itu menurun hingga keturunan ke 4 Yang Guo, yaitu Yellow Dress Maiden atau Yang Ji Jie, sejauh ini tidak ada alasan saya untuk tidak mengamini hipotesa ini apalagi menolaknya.

5. Guo Xiang masih terlalu kecil untuk mendapatkan amanah dalam menjaga Gai Bang ataupun melakukan menjadi preserver dari semua kitab yang tersimpan di gunung Pudu, Pulau Persik.

6. Oleh Sebab itu Huang Rong dan Yelu Qi memilih Yang Guo untuk menjadi silent protector of Gai Bang, yang memang secara semua bibit,bebet dan bobot nya paling kuat dan tak terbantahkan lagi ( Jelas Emei belum ada, bahkan terpikirpun tidak pernah)

7. Melihat Yellow Dress Maiden adalah buyut dari Yang Guo, maka akan ada anak atau cucu Yang Guo yang mengajari 2 ilmu pusaka Gai Bang kepada mereka seorang yang mempunyai talent dan dikirim oleh Gai Bang ( Seperti kasusnya Xu Zhu di DGSD) untuk belajar 2 ilmu pusaka ini.

8. Artinya sebelum Shi Huo Long tentunya ada komunikasi antara ketua-ketua Gai Bang sebelumnya dengan Yang Family.

9. Dengan status sebagai silent protector of Gai Bang maka Yellow Dress Maiden dapat memberikan amanah kepada Zhang Wu Ji untuk menjaga dan membimbing Gai Bang dikemudian hari, sebagai silent protector of Gai Bang berikutnya.

10. Dikarenakan semua ilmu Guo Family ada di pulau Persik sudah ada ditangan Zhang Wu Ji, bahkan kitab WuMu sudah dipraktekkan olehnya dan manual 9Yin sudah dipegang dan dipelajari.

11. Maka hal yang sama ketika silent protector tersebut beralih ke Zhang Wu Ji situasi sama seperti saat kakek buyutnya Yellow Dress Maiden, Yang Guo mendapatkan amanah untuk menjaga Gai Bang dikarenakan bibit, bebet dan bobot nya yang juga tak terbantahkan lagi (Pada saat itu tidak ada yang bisa mengalahkan Zhang Wu Ji) dan juga mengasingkan diri dari dunia persilatan.

12. Jika dilihat di novel SPW, Gai Bang kembali menduduki tempat terhormat di dunia persilatan walaupun appearencenya sedikit sekali, bahkan ketuanya Xie Feng masuk dari top of the top pendekar terbaik di jaman itu.

Demikianlah sekilas dari analisa singkat saya setelah seminggu ini membaca ulang kembali setelah 30 tahun lalu membaca buku Trilogy Condor pertama kalinya.

Semua pemahaman saya dan keyakinan saya betul-betul berubah 180 derajat setelah saya betul-betul membaca ulang, sehingga merubah mind set saya yang selama ini sudah berakar dan berkerak ini dengan pemahaman lama.

Silakan lanjut : Jatuhnya Xiangyang (The Fall of Xiangyang) – Jin Yong

2 Kommentare

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s