Asal usul keluarga Huang Yaoshi/ Oey Yok Su

Huang Yaoshi/ Oey Yok Su – Trilogi Rajawali

Oleh: Grace Tjan

Lijiang, Yunnan, kota kelahiran Huang Yaoshi/ Oey Yok Su menurut edisi revisi ketiga Pendekar Pemanah Rajawali (Shediao Yingxiong Chuan/Sia Tiauw Eng Hiong).

„“Ia berkata bahwa shifu berasal dari keluarga terkemuka di Zhejiang, sebuah keluarga para sastrawan, leluhurnya berjasa besar pada masa Kaisar Taizhu, mereka selalu dianugerahi gelar Adipati atau gelar bangsawan lain, selalu menjadi pejabat tinggi. 

Kakek dalamnya pada tahun Shaoxing Gaozhong menjadi sejarahwan istana. Ketika pembesar pengkhianat Qin Gui secara tak adil mencelakai jenderal besar Yue Fei yang setia pada negara, kakek dalam shifu mengirimkan petisi pada kaisar untuk mohon keadilan, namun kaisar dan Qin Gui murka, mereka tak hanya menolaknya, namun juga menurunkan pangkatnya. 

Kakek dalam amat setia, ia berseru-seru di luar istana agar para pejabat dan rakyat jelata melindungi Yue Fei. Qin Gui membunuh kakek dalam dan mengasingkan seluruh keluarganya ke Yunnan. Shifu dilahirkan di Lijiang, Yunnan. 

Sejak kecil ia telah membaca banyak buku, dan juga telah menguasai ilmu silat, sejak kecil pula ia telah memaki kaisar dan mengatakan bahwa ia hendak menggulingkan Dinasti Song, serta bertekad untuk membunuh kaisar, perdana menteri dan para menteri untuk membalas dendam bagi Kakek Yue Fei dan kakek dalam. Saat itu Qin Gui sudah mati, sedangkan Gaozong sudah tua dan pikun. 

Ayah shifu mengajarinya prinsip para orang bijak untuk setia pada kaisar dan berbakti pada orang tua, namun shifu tak mau menurut dan terus menerus berdebat dengan kakek guru. 

Seluruh keluarganya mengatakan bahwa ia adalah anak yang tak berbakti, kemudian ketika kakek guru murka, ia mengusirnya dari rumah. Ia kembali ke Jalan Barat Zhejiang, dan tak hanya menolak mengikuti ujian kekaisaran, tapi juga menghancurkan Aula Minglun di Prefektur Qingyuan. 

Di depan istana, kantor perdana menteri dan Kementerian Peperangan, serta di muka gerbang Prefektur Qiankong Selatan di Quzhou, ia memasang poster-poster besar yang menuduh kaisar telah memfitnah seseorang yang berbudi luhur dan menegur pemerintahan kekaisaran yang buruk, serta mengatakan bahwa kita harus mengirim pasukan ke utara untuk merebut kembali tanah air. 

Istana mengirim pasukan yang terdiri atas ratusan orang untuk mengejarnya siang dan malam, namun saat itu ilmu silat shifu sudah amat tinggi, mereka mana bisa mengejarnya. 

Oleh karenanya, nama shifu bersinar di dunia persilatan, ia menuduh kaisar memfitnah kakek dalam dan memaki istana dengan kurang ajar, sebenarnya yang disuarakannya ini adalah pikiran rakyat jelata yang tersimpan dalam hati namun tak berani diucapkan, sehingga di dunia persilatan ia dijuluki ‚Pendekar Besar Yang Sesat Dan Aneh‘ „.

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s