Seputar Pendekar Negeri Tayli (Demi Gods and Semi Devils) – Jin Yong

Liu Yi Fei sebagai Wang Yu Yan

Oleh Nonik Dahlia 

Agar tidak bingung, nama-nama yg dipakai di sini adalah bahasa mandarin sesuai dengan yang di serialnya, sedangkan yang di cersil pakai dialek hokkian.

Demi Gods and Semi Devils atau Tian Long Ba Bu / Thian Liong Pat Poh merupakan karya Jin Yong yang paling berbelit sekaligus sangat mengasyikkan. 

Terdapat lebih dari 230 karakter yang berbeda dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. 

Di sinilah kepiawaian sang maestro Jin Yong dalam meramu tiap karakter dan alur ceritanya sehingga menjadi kesatuan yang utuh dan sangat menarik. 

Novel yang pertama kali di publikasikan tanggal 3 September 1963 di Surat Kabar Ming Pao – Hong Kong dan Nanyang Siang Pau – Singapura ini, penulisannya sempat dilanjutkan oleh Ni Kuang karena Jin Yong harus bepergian dalam beberapa waktu lamanya. 

Ni Kuang menggantikan Jin Yong dalam menulis novel ini pada sesi ketika A Zhi menjadi buta.

Sinopsis

Novel Tian Long Ba Bu mengambil periode pada masa Dinasti Song Utara, Liao, Dali/Tayli (Thailand), Xia Barat dan Tubo atau Turfan. 

Cerita bergulir seputar Xiao Feng, Duan Yu dan Xu Zhu – di mana mereka bertiga akhirnya saling mengangkat saudara. 

Xiao Feng yang merupakan seorang ketua Kaypang generasi ke-13 harus rela menyerahkan jabatannya karena ia merupakan seorang Cidan/Qidan – suku bangsa yang merupakan musuh dari dinasti Song. 

Ayah Xiao Feng – Xiao Yuanshan, yang sedang melakukan perjalanan muhibah ke Selatan, dicegat oleh pendekar-pendekar tangguh karena termakan hasutan seseorang yang berpengaruh dan berambisi besar.

Istri Xiao Yuanshan tewas di tangan para pendekar tadi sedangkan Xiao Yuanshan terjun ke jurang sambil meninggalkan Xiao Feng kecil yang akhirnya diasuh dan dibesarkan oleh salah satu pembantai tadi yang adalah seorang ketua Kaypang. 

Xiao Feng tumbuh besar menjadi seorang pemuda gagah dan mewarisi jabatan ketua Kaypang sekaligus jurus 18 Tapak Menaklukkan Naga dan 36 Jurus Tongkat Penggebuk Anjing. 

Dalam perjalanannya, Xiao Feng mencintai seorang wanita yang sangat setia – A Zhu, namun sayang sang kekasih harus tewas di tangan Xiao Feng sendiri karena sebuah kesalahpahaman yang menyayat hati. 

Selain itu Xiao Feng juga bertemu dengan Duan Yu, seorang putra mahkota dari kerajaan Dali/Tayli yang lugu dan naif. Duan Yu tidak suka belajar ilmu silat dan lebih menyukai buku-buku agama Buddha. 

Bagi Duan Yu, ilmu silat hanya akan menyakiti orang lain, sedangkan menyakiti orang lain sangat bertentangan dengan apa yang dipelajari di buku-buku agama Buddha.

Hal ini sangat bertolak belakang karena semua keluarga Kerajaan Dali adalah pendekar-pendekar yang tangguh dengan ilmu andalannya Jari Matahari (Yi Yang Zhi) dan Ilmu Hawa Pedang enam Nadi. 

Tidak mau dipaksa untuk mempelajari ilmu silat keluarganya itulah, akhirnya Duan Yu kabur dan berpetualang. 

Pertemuannya dengan Wang Yu Yan – seorang gadis manis yang wajahnya mirip dengan patung dewi yang ditemuinya di sebuah jurang, Duan Yu menjadi cinta mati dengan sang gadis. 

Padahal Wang Yu Yan sendiri sudah mempunyai tambatan hati sendiri yaitu Murong Fu – sepupunya sendiri. 

Satu lagi tokoh yang juga tidak kalah serunya adalah Xu Zhu – seorang biksu kecil dari Shaolin yang pintar-pintar bodoh sekaligus jujur. 

Berkat kejujurannya itulah, Xu Zhu mewarisi ilmu hebat dari ketua sekte Bebas Merdeka – Wu Yazi. 

Pertemuannya dengan Duan Yu dan Xiao Feng membuat mereka saling mengangkat saudara dengan Xiao Feng sebagai kakak tertua disusul Xu Zhu dan Duan Yu. 

Xu Zhu menemukan tambatan hatinya dengan seorang Puteri dari Negeri Xia Barat – Puteri Yinchuan. Pertemuan keduanya pun tergolong unik karena di tempat yang gelap dan ada unsur kebetulan.

Cerita Demi Gods and Semi Devils ini memang sangat-sangat berbelit dan mengasyikkan untuk diikuti. Bahkan novel ini dianggap sebagai awal mula dari Trilogi Rajawali yang sangat legendaris itu.

Beberapa Adaptasi seputar Demi Gods and Semi Devils:

FILM

1. The Battle Wizard 1977, produksi Shaw Brothers Studio Hong Kong, dengan bintang Danny Lee (Duan Yu), Tanny Tien (Mu Wanqing), Lam Jan Kei (Zhong Ling).

2. Demi Gods and Semi Devils 1982, produksi Hong Kong, dengan bintang Norman Tsui (Xiao Feng), Kent Tong (Duan Yu), Felix Wong (Xu Zhu), Idy Chan (Wang Yu Yan), Austin Wai (Murong Fu), Lam Jan Kei (A Zhu).

3. The Dragon Chronicles – The Maidens 1994, produksi Hong Kong.Film ini hanya menitik beratkan pada tokoh Xu Zhu, dengan bintang Brigitte Lin (Lei Chan Shui), Gong Li ( Mou Hang Wan), Sharla Cheung (A Zhi), Norman Tsui (Ting Chun Chau), Frankie lam (Xu Zhu).

SERIAL

1. Demi Gods and Semi Devils 1982, produksi TVB Hong Kong dengan bintang Bryan Leung (Xiao Feng), Felix Wong (Xu Zhu), Kent Tong (Duan Yu), Idy Chan (Wang Yu Yan).

2. Demi Gods and Semi Devils 1991, produksi CTV Taiwan dengan bintang Austin Wai (Xiao Feng), Eddy Kwan (Duan Yu), Sung Kang Ling (Wang Yu Yan).

3. Demi Gods and Semi Devils 1997, produksi TVB Hong Kong dengan bintang Felix Wong (Xiao Feng), Benny Chan (Duan Yu), Louis Fan (Xu Zhu), Carmen Lee (Wang Yu Yan).

4. Demi Gods and Semi Devils 2003, produksi Mainland China, dengan bintang Hu Jun (Xiao Feng), Jimmy Lin (Duan Yu), Gao Hu (Xu Zhu), Crystal Liu Yi Fei (Wang Yu Yan).

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s