The Little Nyonya

The Little Nyonya adalah film serial Singapura. Alur cerita, yang berputar di sekitar kilas balik biografi sebuah keluarga besar Peranakan di Malaka dan Singapura, berlatar tahun 1930-an dan berlangsung selama lebih dari 70 tahun dan beberapa generasi dari tiga keluarga. 

Sinopsis The Little Nyonya versi Singapur (2008)

Huang Juxiang lahir dalam keluarga Peranakan besar di mana ibunya adalah seorang simpanan. Dia lembut, cantik, dan juru masak yang fantastis. Karena penyakit yang serius ketika dia berumur 9 tahun, Juxiang menjadi seorang tuna rungu. Karena kecacatannya, dia dikucilkan oleh orang-orang. Tepat sebelum Pendudukan Jepang di Singapura , dia dipaksa menikahi Charlie Zhang, seorang Peranakan kaya, dan menjadi selirnya. Juxiang menolak pernikahan itu dan kabur dari rumah. Dia kemudian bertemu Yamamoto Yousuke, seorang fotografer muda Jepang. Setelah melewati banyak rintangan, mereka akhirnya menikah dan Juxiang melahirkan seorang putri Yueniang. Selama Perang Dunia, Juxiang terluka dan dia dan suaminya meninggal, meninggalkan putri mereka yang berusia 8 tahun.

Yueniang yang yatim piatu akhirnya berjalan ke rumah kakeknya sendiri. Neneknya senang dia kembali. Di bawah pengawasan neneknya, dia belajar memasak masakan Peranakan dan menjahit. Dia tumbuh tampak persis seperti ibunya dan sangat cantik. Setelah perang, kerabat maternalnya yang mengungsi di Inggris pulang. Yueniang akhirnya menjalani kehidupan ibunya – selalu didiskriminasi, dilecehkan, disalahkan dan disiksa. Dia tahan dengan penganiayaan ini untuk melindungi neneknya.

Kecantikan Yueniang menimbulkan kecemburuan dari sepupunya, Zhenzhu dan menarik perhatian banyak Peranakan kaya. Namun, dia hanya memperhatikan pengemudi yang tidak punya uang, Niuzai, yang mengklaim bahwa dia memiliki 10 adik laki-laki dan perempuan untuk dijaga. Niuzai yang bernama asli Chen Xi sebenarnya berasal dari keluarga terpelajar dan kaya raya. Kebaikan, kemurnian, dan ketekunan Yueniang menggerakkan Chen Xi dan dia sangat mencintainya. Dia memalsukan identitasnya untuk bersama Yueniang. Sayangnya, hubungan mereka dipenuhi banyak rintangan dan kesulitan. Di bawah tekanan keluarganya, Chen Xi terpaksa menikah dengan sepupu Yueniang, Yuzhu. Namun Chen Xi kemudian dipaksa menikah dengan Zhenzhu setelah Yuzhu diperkosa oleh Robert, putra Charlie Zhang. Yueniang kemudian dinikahkan dengan seorang tukang daging, Liu Yidao.

Yueniang tidak mau menerima kenyataan bahwa dia selalu dimanipulasi oleh orang lain dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Kepribadiannya yang kuat membuat Liu Yidao terkesan dan mereka menjadi saudara angkat sebagai gantinya. Yueniang memutuskan untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Dia mulai belajar bagaimana menjalankan bisnis dan, dalam prosesnya, dia dijebak dan dikeluarkan dari bisnisnya. Meskipun ada banyak rintangan, dia berhasil menyelamatkan bisnisnya serta bisnis keluarganya yang menurun. Segera, dia menikah dengan pengacara, Paul tetapi mengalami dua kali keguguran. Dia mengadopsi putra Yuzhu dan menamainya Zuye. Zuye memiliki dua putra dan seorang putri. Nama putrinya Angela, saat ini. Dia memiliki bisnis dan menjual kosmetik dari luar negeri. Namun, Yueniang segera meninggal karena kanker usus, dan meninggal.

Sinopsis The Little Nyonya versi China (2020)

Plot pembuatan ulang umumnya mengingatkan pada plot aslinya, meskipun ada beberapa perubahan yang dilakukan pada plot, dengan beberapa mengisi lubang plot dari aslinya. Perubahan signifikan adalah bahwa pada akhirnya Yueniang dan Chen Xi akan bersatu kembali dan menikah dengan bahagia enam tahun setelah dugaan kematian Yueniang.; Kondisi mental Yu Zhu membaik dan dia bersatu kembali dengan keluarga Huang setelah sembuh; anak angkat Robert Zhang dan Yu Zhu diberi nama Huang Cien bukan Zuye, mengikuti nama belakang ibunya sementara kemudian mengizinkan keturunannya sendiri untuk mengadopsi nama belakang Chen (nama belakang Chen Xi); dan baik Libby maupun Paul bertunangan dengan orang yang berbeda. Akhir tersembunyi lainnya (meskipun berspekulasi) adalah bahwa baik Chen Xi dan Yueniang memiliki satu putri bersama, dan putri tersebut kemudian menikah dengan Cien dan memiliki anak dengan satu sama lain.

Perubahan lain dilakukan pada nasib beberapa karakter: Huang Tianbao; bukannya dihukum mati, malah ditembak dan dibunuh oleh polisi setelah mencoba membunuh Chen Gong dan Chen Xi, yang dia sandera untuk tebusan, Huang Zhenzhu; yang kehilangan semua uangnya untuk kekasih Kaukasia yang kawin lari dengannya, dan merasa terlalu malu untuk melihat keluarganya, dia menjadi pelacur yang menghibur pelanggan Inggris dan kemudian meninggal dalam kecelakaan mobil, Charlie Zhang; yang meninggal karena melindungi putranya dari tembakan Tianbao, dan Robert Zhang; yang tidak dibunuh oleh Tianbao tetapi jatuh hingga meninggal saat mencoba melarikan diri dari Tianbao. Berbeda dengan serial aslinya, seluruh seri remake dinarasikan oleh cucu Yueniang, bukan Yueniang sendiri kepada cucunya, karena cucunya tidak muncul dalam remake.  ~ aldithe

Dicuplik dan diterjemahkan dari: https://en.wikipedia.org/wiki/The_Little_Nyonya

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s