Fenghuang (Burung Hong)

Fenghuang adalah burung mitologis dan simbol keberuntungan dalam budaya Tionghoa yang melindungi bagian selatan istana kaisar. Feng menunjukkan jantan dan huang betina. Dalam masa sekarang ini perbedaan kelamin tersebut jarang lagi dipakai. Fenghuang kerap ditemukan berpasangan dengan naga yang memiliki konotasi jantan. Di dunia barat, fenghuang sering dihubungkan dengan Phoenix.

Mirip dengan burung phoenix dalam mitologi Yunani dan Mesir, burung ini dikaitkan dengan api. Hewan mitos Fenghuang juga dikenal sebagai „Phoenix Tiongkok“, tetapi pada dasarnya adalah makhluk mitos yang berbeda dan jangan tertukar dengan yang satu ini. Selain itu, tidak identik dengan burung merah, juga burung merah dari selatan (suzaku Jepang), yang merupakan simbol astrologi Tiongkok di samping harimau putih, naga biru, dan kura-kura hitam.

Fenghuang memiliki kepala panjang dengan mata besar memanjang dan paruh lancip, sedikit melengkung, mengingatkan pada burung pegar atau burung merak. Bulunya yang panjang dan berwarna-warni menunjukkan „lima warna suci“. Jadi kepalanya berwarna hijau (untuk kebaikan), leher putih (untuk keadilan), punggung merah (untuk kesopanan), dada hitam (untuk kebijaksanaan) dan kaki berwarna kuning (untuk kesetiaan dan kredibilitas). 

Burung mulia ini lebih menyukai dahan pohon Wutong (Firmiana simplex, syn. Sterculia platanifolia) dan dikatakan hanya minum dari mata air pegunungan terbaik. Usianya konon sudah sekitar 1000 tahun. Seperti unicorn Tiongkok (Qilin), Fenghuang adalah simbol belas kasihan. Tidak seperti burung phoenix Yunani, Fenghuang tidak terbakar api untuk memperbaharui dirinya sendiri. Reproduksinya mirip dengan burung normal.

Selanjutnya, hewan tersebut bersama dengan Naga Tiongkok (Long), melambangkan pasangan kekaisaran. Naga itu mewakili kaisar, sedangkan permaisuri dilambangkan sebagai Fenghuang. Ini juga salah satu dari empat hewan ajaib mitos (juga makhluk gaib) yang membantu pencipta dunia Tiongkok Pangu.

Dipercaya bahwa burung itu hanya muncul di daerah atau tempat yang diberkati dengan kedamaian dan kemakmuran atau kebahagiaan maksimal. Tradisi Tiongkok menyebutkannya, burung mulia ini tinggal di atas Pegunungan Kunlun di Tiongkok utara.

Di kalangan Tionghoa-Indonesia, Fenghuang sendiri biasanya dikenal dengan nama dalam dialek Hokkian-nya, hong. Biasanya dilafalkan berpasangan dengan naga sehingga dilafalkan menjadi leng-hong.

Pada masa Tiongkok kuno, fenghuang sering ditemukan pada dekorasi pernikahan atau keluarga ningrat bersamaan dengan naga. Ini disebabkan tradisi Tiongkok yang menganggap naga dan feniks sebagai simbol hubungan yang mesra antara suami dan istri, sebuah bentuk metafora antara yin dan yang.  ~ aldithe

Keterangan gambar: Fenghuang di atap Kuil Longshan di Taipei

Diterjemahkan oleh Aldi Surjana dari: https://de.wikipedia.org/wiki/Fenghuang

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s