Jangkauan China ke Eropa – Jalur Sutra Baru

Ini adalah mega proyek China: The New Silk Road, jaringan perdagangan antara Asia, Afrika dan Eropa. Lebih dari 70 negara telah menjadi bagian dari Jalur Sutra. Proyek itu bisa mengubah tatanan dunia lama.

China berinvestasi di jembatan, pelabuhan, jalur kereta api, dan jalan raya di seluruh dunia. Negara China menghabiskan beberapa ratus miliar euro untuk mimpinya Jalan Sutra Baru. Presiden China Xi Jinping menjanjikan peluang pengembangan dan kekayaan bagi China dan seluruh dunia. Namun, proyek infrastruktur sebagian besar dilaksanakan oleh China.

Setelah krisis keuangan Yunani, tidak ada negara Eropa yang ingin berinvestasi di Yunani lagi – hanya China yang merasakan kesepakatan itu dan membeli saham di pelabuhan Piraeus. Pada 2016 mereka kemudian mengambil alih mayoritas saham di perusahaan pelabuhan tersebut. Sampai hari ini, serikat pekerja galangan kapal Yunani telah menerima kenyataan bahwa pelabuhan tersebut bukan lagi milik Yunani.

Italia menjadi bagian dari Jalur Sutra Baru pada 2019. Investasi di pelabuhan Trieste, di utara negara itu, sudah disepakati. Tetapi suara-suara kritis meningkat, terutama dari Eropa: Dengan Jalur Sutra, China memperkuat supremasinya di dunia dan memecah Eropa. 

Justru Negara-negara Eropa Timur dan Balkan khususnya, yang  sering kali mencari sumber uang alternatif dari Uni Eropa, tertarik pada pinjaman dan investasi dari China,  Dan bagi China, kawasan ini menarik karena kepentingan strategisnya sebagai pintu gerbang ke Barat. 

Di Tuzla di Bosnia, misalnya, pembangkit listrik tenaga batu bara baru sedang dibangun dengan bantuan China. Pendapat berbeda dalam hal ini: beberapa percaya bahwa pembangkit listrik baru akan meningkatkan kualitas udara karena memancarkan emisi yang jauh lebih sedikit daripada pembangkit listrik lama. Yang lain tidak dapat memahami mengapa negara Bosnia akan tetap berkomitmen pada batu bara selama 40 tahun ke depan. 

Serbia sejauh ini merupakan penerima dana China terbesar di wilayah tersebut. China telah berinvestasi di pabrik baja tua dan tambang, membangun jembatan di atas Sungai Donau dan jalan tol. 

Ketidakpercayaan dari Uni Eropa terutama disebabkan oleh kerja sama Serbia dengan Huawei. Sebagai bagian dari „Proyek Kota Aman“ China, kamera pengenal wajah dipasang di 800 lokasi di seluruh Beograd. 

Proyek terpenting bagi Serbia: jalur kereta api antara Beograd dan Budapest. Di sini China ingin membuktikan bahwa ia mampu memenuhi standar Uni Eropa. 

Tetapi di negara Uni Eropa, Hongaria, di mana jalur kereta api akan berakhir, sejauh ini tidak ada proyek yang dimulai dengan China. Presiden Hungaria Victor Orban tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menekankan betapa pentingnya China baginya sebagai mitra dan keuntungan apa yang dapat dibawa oleh Jalur Sutra Baru bagi Hungaria.

Diterjemahkan oleh Aldi Surjana
Dari: Chinas Griff nach Europa – Die Neue Seidenstraße, Deutsche Welle Jerman

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s