Legenda Bunga Manjusaka

Ketika bunga merah ini mekar, daunnya akan jatuh; ketika daunnya tumbuh, bunganya akan layu. Kebiasaan ini memunculkan berbagai legenda. 

Yang terkenal adalah legenda dua peri: Manju (曼珠), yang menjaga bunga, dan Saka (沙华), yang menjaga dedaunan. Karena penasaran, mereka menentang nasib mereka untuk menjaga ramuan itu sendirian, dan berhasil bertemu satu sama lain. 

Pada pandangan pertama, mereka saling jatuh cinta. Tuhan, jengkel oleh ketidakpatuhan mereka, memisahkan pasangan yang menyedihkan itu, dan mengutuk mereka sebagai hukuman: bunga-bunga Mañju tidak akan pernah bertemu dengan daun-daun Saka lagi.

Dikatakan bahwa ketika pasangan itu bertemu setelah kematian di Diyu, mereka bersumpah untuk bertemu satu sama lain setelah reinkarnasi. Namun, tak satu pun dari mereka yang bisa menepati janjinya.

Untuk memperingati pasangan tersebut, beberapa orang menyebut ramuan itu „Manjusaka“ (曼珠沙华), gabungan dari „Manju“ dan „Saka“, sebagai ganti nama ilmiahnya. Nama yang sama digunakan dalam bahasa Jepang, yang diucapkan manju-syage.

Beberapa legenda lain mengatakan bahwa bunga-bunga ini, juga disebut bunga lili laba-laba merah, akan mekar di sepanjang jalan ketika seseorang melihat seseorang yang mungkin tidak akan pernah mereka lihat lagi. 

Karena bunga Manjusaka ini biasanya mekar di dekat pemakaman sekitar ekuinoks musim gugur, mereka digambarkan dalam terjemahan Mandarin dan Jepang dari Sutra Teratai sebagai bunga tak menyenangkan yang tumbuh di Diyu (juga dikenal sebagai Neraka), atau Huángquán (黄泉) dan membimbing roh orang mati ke reinkarnasi berikutnya.  ~ aldithe

Keterangan: Spesies Manjusaka (Latin: Lycoris) tumbuh subur terutama di daerah beriklim hangat hingga subtropis di Asia Timur dari China barat daya hingga Jepang dan Korea selatan; beberapa spesies mencapai sejauh Indochina utara dan Nepal. Nama generik Lycoris mengacu pada Lycoris yang cantik, kekasih Mark Antony.

Dicuplik dan diterjemahkan dari: Wikipedia

Aldi Surjana Official Blog: https://aldisurjana.wordpress.com/

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s