Wayang Kulit Tiongkok.

Wayang kulit Tiongkok adalah bentuk teater yang diperankan oleh sosok siluet berwarna-warni yang terbuat dari kulit atau kertas, disertai dengan musik dan nyanyian. Dimanipulasi oleh dalang dengan menggunakan tongkat, figur-figur tersebut menciptakan ilusi gambar bergerak pada layar kain tembus cahaya yang disinari dari belakang.

Banyak seniman wayang kulit yang lebih tua dapat menampilkan puluhan lakon tradisional, yang disampaikan secara lisan atau ditemukan dalam bentuk tulisan. Mereka menguasai teknik khusus seperti nyanyian improvisasi, falsetto, manipulasi simultan beberapa boneka, dan kemampuan memainkan berbagai alat musik.

Banyak dalang juga mengukir wayang, yang dapat memiliki antara dua belas dan dua puluh empat sendi bergerak. Drama bayangan dilakukan oleh kelompok besar dengan tujuh sampai sembilan pemain dan kelompok kecil hanya dua sampai lima, terutama untuk hiburan atau ritual keagamaan, pernikahan dan pemakaman dan acara-acara khusus lainnya.

Beberapa dalang adalah profesional, sementara yang lain adalah amatir yang tampil selama musim pertanian yang sepi. Keterampilan yang relevan diturunkan dalam keluarga, dalam kelompok, dan dari guru ke murid.

Wayang kulit Tiongkok juga menyampaikan informasi seperti sejarah budaya, kepercayaan sosial, tradisi lisan dan adat istiadat setempat. Menyebarkan pengetahuan, mempromosikan nilai-nilai budaya dan menghibur masyarakat, terutama kaum muda.  ~ aldithe

Video Wayang Kulit Tiongkok: https://youtu.be/8-mzqxZNp2g

Sumber:
german.xinhuanet.com
unesco.org


Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s