Swipoa (Suanpan; Abakus)

Lain dulu lain sekarang. Awal abad ke 20, jika pegawai bank datang ke kantor dan duduk di meja tulis, dia bukan buka Laptop tapi tarik swipoa :). Alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik ini di masa jayanya bahkan mampu mengelola sebuah bank, konon bisa digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.  

Swipoa Tiongkok terdiri dari bingkai kayu persegi panjang dan dibagi menjadi dua bidang yang tidak sama oleh batang melintang. Daerah atas disebut „langit“, sedangkan daerah bawah disebut „bumi“. Swipoa dapat terdiri dari 9, 11, 13 atau lebih batang dengan manik-manik bergerak.

Biasanya manik-manik ini terbuat dari kayu. Kombinasi 5 di bagian bawah dan 2 di bagian atas pada setiap batang sesuai dengan pengaturan tradisional yang lama. Bentuk Swipoa yang lebih baru, tetapi kurang umum hanya memiliki 6 manik-manik (5 + 1) atau, sesuai dengan bentuk Jepang yang lebih modern, hanya 5 manik-manik (4 + 1).

Dahulu kala swipoa digunakan tidak hanya di Tiongkok, tetapi juga di Barat dan India. Karena swipoa adalah perangkat yang sangat tua dan telah digunakan dalam berbagai bentuk selama ribuan tahun, sulit untuk menentukan asal-usulnya secara pasti.

Swipoa Tiongkok memiliki sejarah panjang dan juga mudah digunakan. Itulah mengapa orang suka menggunakan swipoa dengan cara yang praktis. Alat hitung ini juga disebut „Suanpan“ (算盤) di Tiongkok. Menurut dokumen Tiongkok dari abad ke-2 SM. Seseorang sampai pada kesimpulan bahwa Swipoa muncul pada waktu itu dan memiliki sejarah sekitar seribu tahun. ~ aldithe

Gambar ilustrasi: film „The Justice“ 2021

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Google Foto

Du kommentierst mit Deinem Google-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s