Gua Longmen di Luoyang

Gua Longmen di Sungai Yi 13 kilometer selatan ibukota lama Luoyang adalah satu di antara empat gua Buddha paling terkenal di Tiongkok, tiga lainnya adalah Gua Mogao di Dunhuang, gua Yungang di Datong dan gua di Chongqing.

Gua-gua ini terletak di Lembah Sungai Yihe antara Gunung Xiang dan Gunung Longmen. Pembangunan gua dimulai pada Dinasti Wei Utara dan berlangsung sekitar 400 tahun hingga Dinasti Tang. Ada total 2.345 relung, lebih dari 100.000 patung Buddha dan lebih dari 2.800 prasasti. Patung terbesar adalah Buddha Vairocana setinggi 17,14 meter dan patung Buddha terkecil dengan ukiran mikro hanya setinggi 2 sentimeter.

Sejarah

Pembangunan gua dimulai pada 493, selama Dinasti Wei Utara, dan berlanjut selama lebih dari 400 tahun. Salah satu sponsor situs tersebut adalah Wu Zetian satu-satunya Maharani (kaisar wanita) di Tiongkok.

Tepi sungai Yi dirancang sebagai kawasan pejalan kaki di area gua. Gua-gua tersebut telah masuk dalam daftar monumen Republik Rakyat Tiongkok di Henan sejak 1961

Pada saat Revolusi Kebudayaan, banyak patung Buddha dihancurkan atau rusak parah. Tetapi juga cuaca, vandalisme dan, yang tak kalah pentingnya, pencuri seni dari seluruh dunia memiliki andil dalam penghancuran atau penjarahan gua.

Sebagian besar gua terletak di tepi barat Sungai Yi. Kuil Xiangshan dibangun kembali di tepi timur pada pergantian milenium terakhir. Kompleks bangunannya juga mencakup bekas vila Chiang Kai-shek dan Madame Chiang (Jiangsong).

Taman Baiyuan, juga di tepi timur Longmen, berisi makam Bai Juyi, seorang penyair terkenal dari Dinasti Tang.

Gua-gua tersebut dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.  ~ aldithe

Diterjemahkan oleh Aldi Surjana dari: Longmen-Grotten

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s