Pohon Shānzhā (山楂) atau Hawberry Tiongkok

Pohon berduri halus dari Tiongkok ini sangat jarang ditanam. Hawberry Tiongkok adalah tanaman yang biasanya tumbuh seperti semak di alam, dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan batang yang tebal. Sebagai bonsai memiliki beberapa sifat yang baik: daun kecil, bunga putih, buah merah, kulit kayu yang indah ketika tua dan kemauan tinggi untuk cabang.

Untaian bunga putih muncul di bulan Mei dan sangat kontras dengan dedaunan hijau tua yang segar. Buah beri besar berwarna oranye-merah hingga merah cerah matang di musim gugur. Mereka memiliki ukuran diameter hingga 2,5 cm dan dapat dimakan mentah.

Seperti hampir semua spesies Hawberry, jenis ini tidak terlalu pilih-pilih tentang tanah. Sebagai lokasi, Anda harus memilih lokasi yang cerah hingga sebagian teduh. 

Semak besar atau pohon kecil setinggi 5 sampai 7 m, tumbuh luas tersebar luas di Asia Timur hingga Tiongkok Utara. Di sana sebagian dibudidayakan di perkebunan untuk memanen buah yang sedikit asam. 

Buah Hawberry digunakan antara lain untuk bahan manisan buah Tanghulu (糖葫芦), yang disajikan dengan tusukan sate dan dicelup di sirup panas yang nantinya mengeras. Camilan asam manis ini telah dibuat sejak Dinasti Song dan tetap populer di seluruh Tiongkok utara.  

Selain di Tiongkok, genus tanaman ini juga ditemukan di Eropa sebanyak 22 spesies dan di Jerman ada 3 spesies. ~ aldithe

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s