Tahu Busuk (Stinky tofu) 

Tahu Busuk yang merupakan terjemahan harafiah dari kata “Chou Doufu”, adalah makanan ringan khas Tiongkok yang populer baik di daerah utara maupun selatan. 

Bau tahu busuk dikatakan mirip dengan bau sampah busuk atau bau kaki. Dikatakan bahwa semakin banyak baunya, semakin baik rasanya. Tahu Busuk biasanya dimakan dengan asinan sayur asam manis dan kecap atau sambal.  

Menurut legenda Tiongkok, seorang sarjana bernama Wang Zhihe yang berasal dari Huang Shan di Provinsi Anhui menemukan tahu busuk selama dinasti Qing . Setelah gagal dalam ujian kekaisaran, Wang tinggal di Beijing dan mengandalkan menjual tahu untuk mencari nafkah. 

Suatu hari, dengan sejumlah besar tahu yang tidak terjual di tangannya, dia memotong tahu itu menjadi kubus kecil dan memasukkannya ke dalam toples tanah liat. Setelah beberapa hari, dia membuka toples dan menemukan bahwa tahu telah berubah menjadi kehijauan dan menjadi sangat bau. 

Awalnya merasa tahu rasanya sangat busuk, dia menemukan bahwa itu sangat lezat sehingga dia memutuskan untuk mulai menjualnya di tokonya. Tahu bau yang diciptakan Wang Zhihe mendapatkan popularitas dan kemudian disajikan di istana kekaisaran Dinasti Qing.

Hingga kini popularitas Tahu Busuk masih bertahan dan bisa ditemukan di Hongkong, Tiongkok dan Taiwan. Tentu saja dengan pengembangan kreatif hidangan baru, seperti pangsit Shuijiao yang diisi dengan tahu busuk atau tahu busuk „manis“ dan „asin“ di Taiwan. ~ aldithe 

Sebagian dicuplik dan diterjemahkan dari: Stinkender Tofu

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden /  Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden /  Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden /  Ändern )

Verbinde mit %s